Menandai Perubahan Isi Tulisan (Track Changes) Ms Word

Untuk mengetahui perubahan isi dokumen yang telah kita buat, dan saat dokumen tersebut dilakukan revisi, kadang kita sulit untuk mengetahui dimana letak perubahannya. Untuk mengetahui perubahan isi pada sebuah dokumen kita dapat menggunakan salah satu fungsi pada microsoft Word. Hal ini seperti yang pernah saya alami.

Kali ini saya mencoba berbagi pengalaman dimana jika anda pernah diminta membuat surat perjanjian dimana surat tersebut pasti perlu adanya kesepakatan antara dua belah pihak.

Permasalahannya adalah jika surat perjanjian tersebut dibuat dan harus dikirimkan melalui email agar dapat dilakukan revisi dalam hal poin-point ataupun pasal-pasal dalam perjanjian tersebut, tentunya kita agak kesulitan bagian mana yang telah direvisi ataupun dihilangkan.

Oleh karena itu untuk dapat memudahkan kita dalam mengetahui bagian mana yang telah direvisi atau dihilangkan dalam penulisan surat perjanjian maka gunakan :

Fungsi Track Changes Microsoft Word



1. Masuk ke menu Review
2. Pilih icon Track Changes
3. Pilih Simple Markup
4. Pilih Tracking yang akan menampilkan Track Changes Options
5. Pilih Revisions pada bagian Balloons in All Markup view Show
6. Pilih off pada Reviewing Pane
7. Lalu pilih OK.


Sebaiknya langkah tersebut dilakukan setelah selesai menulis draft surat. Sehingga jika surat tersebut dilakukan revisi atau menghapus kata / kalimat maka akan ditandai garis merah pada bagian sebelah kiri paragraf.
untuk mengembalikan / tidak menampilkan perubahan tersebut, anda dapat menonaktifkan track changenya.

Semoga tips ini dapat membantu para pembaca sekalian.

Baca Juga


NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST
NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST