Menyalin atau Memindahkan Sheet Excel

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara menyalin atau memindahkan lembar kerja dalam aplikasi excel tanpa merubah format aslinya. Postingan ini saya tulis karena saat berkunjung ke rumah saudara beliau sedang berada di meja kerja, hingga saya menghampirinya untuk melihat apa yang sedang dikerjakan. Dan ternyata dia sedang sibuk dengan mengcopy lembar kerja dari beberapa file ke file yang baru dengan memblok semua lembar kerja dan menyalinnya ke lembar kerja baru dan kemudian dia mengatur format lembar kerja tersebut.

Akhirnya saya mencoba membantu dia dengan memberitahukan bahwa ada langkah yang lebih lebih efektif dalam menyalin lembar kerja excel tanpa merubah format aslinya.
Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menyalin atau memindahkan lembar kerja ke file lain / baru. Saya asumsikan jika saya memiliki 2 file yaitu Lembar Kerja (A) dan Agenda Kerja (B) dan saya akan menyalin sheet LK-2 yang dapat dilihat pada bagian capture di atas yang terdapat lingkar berwarna jingga ke file lain (Agenda Kerja) setelah sheet AK-2.

Cara Copy Sheet Excel tanpa Merubah Format



1. Klik kanan pada sheet LK-2 hingga menampilkan menu konteks.
2. Pilih move or copy pada menu konteks tersebut.
3. Pada jendela move or copy terdapat nama file yang terbuka (Lembar kerja, Book5 dan Agenda Kerja). Dalam hal ini saya akan menyalin LK-2 ke sheet setelah AK-2.
4. Setelah memilih file Agenda Kerja sebagai file tujuan maka akan menampilkan.... no.5
5. Point ini adalah sebagai tujuan lembar kerja (LK-2) ke sheet setelah AK-2.
6. Centang create a copy jika Sheet LK-2 akan disalin ke file Agenda Kerja setelah sheet AK-2. Jika sheet LK-2 akan dipindahkan maka jangan mencentang create a copy.
7. ok sebagai langkah akhir.

Dari langkah-langkah diatas akan menghasilkan gambar dibawah ini, dimana lembar kerja bertambah menjadi 3, AK-1, AK-2 dan LK-2.

Baca Juga


NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST
NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST