Saturday, June 16, 2018



Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kini hampir semua transaksi dapat dijalankan secara online. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya antrian saat melakukan pemesanan maupun pembayaran. Transaksi yang dijalankan secara online ini dapat dijalankan melalui sms, aplikasi android, maupun internet banking.
Oleh karena itu, disini saya akan menerangkan tentang sistem pembayaran pajak penghasilan maupun pajak pertambahan nilai.

Sistem pembayaran pajak yang sudah lama diterapkan dimana disaat kita akan melakukan pembayaran tersebut, wajib pajak harus memiliki billing id sebagai referensi untuk melakukan kewajiban pembayaran pajak. Billing id ini, pada umumnya dapat dibuat melalui situs djp online jika wajib pajak telah mendaftarkan diri atau melalui website ssepajak.

Bagi mereka yang memiliki internet banking khususnya produk MCM mandiri, maka proses pembuatan dan pembayaran dapat langsung dilakukan dalam satu waktu. Sehingga anda tidak perlu membuat billing id. Hal ini dikarenakan produk MCM mandiri ini telah memiliki fitur dalam pembuatan billing id.

Untuk membuat Billing ID dan melakukan pembayaran pajak pada MCM mandiri :

Login ke User dengan Company ID, User dan Password seperti pada tampilan dibawah
1. Masuk ke menu Tax Payment pada MPN Payment
2. Pilih From Account / Sumber Rekening
3. Masukan Nilai Pembayaran
4. Masukan NPWP
5. Cek Identitas NPWP dengan memilih Inquiry yang akan menampilkan referensi atas NPWP tersebut
6. Pilih Tax Type
7. Deposit Type
8. Isi Remark / Keterangan
9. Pilih Masa Pajak
10. Pilih Tahun Pajak
Setelah melakukan pengisian dan melakukan cek, anda dapat mengkonfirmasi atas transaksi yang dibuat lakukan dengan user approval.

Setelah anda melakukan pembayaran tersebut, maka perlu adanya bukti SSP atau bukti penerimaan negara untuk melakukan pelaporan SPT.

Untuk dapat mencetak bukti SSP maupun BPN pada MCM Mandiri:

Login kembali ke User Maker


1. Tax Inquiry melalui MPN Payment
2. Pilih tanggal pembayaran pajak
3. Pilih bukti yang akan anda ambil (BPN atau SSP)
4. Pilih menu Download / Download All
Pilih folder yang akan menyimpan bukti file tersebut dalam bentuk file pdf. Jika adan memilih Download All maka hasil file yang didapat dalam bentuk file zip.

Demikian langkah yang dapat anda lakukan untuk melakukan pembayaran pajak dengan melalui MCM Mandiri


1 komentar:

An good article. Maybe it will help me in nearby future.

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.