Tuesday, June 26, 2018



File csv adalah file dengan format text dimana format ini biasa digunakan sebagai alternatif dalam membuat data yang akan di upload kedalam suatu program, seperti untuk menjalankan transaksi dengan system bulk payment dimana semua transaksi ditampung dalam satu file yang berekstensi csv, aplikasi efaktur dalam membuat faktur pajak masukan maupun faktur pajak keluaran atau file csv ini sebagai alternatif dalam menyimpan data kontak yang dapat diupload ke kontak gmail dan lain sebagainya.

Karena file csv ini mempunyai format teks, maka data yang tersimpan didalamnya kadang tidak tersusun rapih. Dimana data hanya dipisahkan dengan tanda koma atau tanda titik koma sesuai dengan format region dari system komputer yang membuatnya. Dimana tanda koma (,) untuk setting region komputer United Stated sedangkan titik koma (;) jika seting region menggunakan Indonesia. Disaat kita membuka dengan program notepad, maka kita akan sedikit dibingungkan karena susunan teks hanya dibatasi oleh tanda baca tersebut.
Oleh karena itu agar mudah dalam membaca format teks tersebut, anda dapat merubahnya dengan memberikan format table pada file csv yang anda miliki. Dimana untuk cara sederhananya anda dapat menggunakan bantuan program Microsoft Word.

Merubah File CSV comma delimited ke dalam Tabel Microsoft Word :


1. Buka file csv seperti anda membuka file dokumen Microsoft word
2. Pilih seluruh text csv yang anda buka
3. Pilih Menu Insert - Table - Convert Text to Table.... seperti tampak pada gambar berikut :
4. Setelah langkah ke tiga maka anda akan masuk ke dalam menu Convert Text to Table yang berisi informasi di bawah ini :
Pada gambar tersebut di atas, anda melihat garis putus-putus berwarna merah, pada bagian Table Size biarkan nilai tersebut terisi otomatis. Karena nilai tersebut telah menyesuaikan dari teks yang ada.
5. Pada teks csv yang anda pilih, terlihat tanda titik koma (;) yang ditandai dengan panah vertikal berwarna hijau. Selanjutnya anda dapat memasukan titik koma (;) ke bagian other pada separate text at dengan tanda baca (;).
6. Pilih OK

Setelah enam langkah anda lakukan maka file teks csv tersebut akan terisi pada masing-masing table secara otomatis. Demikian langkah sederhana dalam merubah file csv ke dalam Table Microsoft Word, semoga dapat bermanfaat.

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.