Dari judul artikel ini, pernahkah anda mengalaminya ? Hal ini pasti dialami bagi mereka yang dalam pembuatan tabel tersebut sering melakukan penambahan kolom dan baris pada tabel yang dibuat atau memindahkan kolom dan baris. Dimana dalam kolom ataupun bari tersebut terdapat rumus didalamnya. Dengan kondisi ini maka referensi dari kolom dan baris tersebut berpindah.
Mungkin anda bertanya seperti apakah notifikasi yang ditampilkan pada layar komputer anda yang menyatakan bahwa anda tidak dapat menambahkan kolom pada excel. Jika anda belum mengetahuinya maka tampilan dari notifikasi tersebut adalah seperti di di bawah ini :


Dari gambar tersebut, saya tidak dapat menambahkan kolom pada AD yang ditunjukan dengan panah warna hijau. Dan saya diminta untuk menghapus cell yang tidak tampil namun di dalamnya terdapat cell yang kosong. Sehingga anda diminta untuk menempatkan cursor pada bagian akhir dari lembar kerja anda dengan Ctrl+End lalu menghapusnya. Dari cara ini sebenarnya bisa dapat menyelesaikan permasalahan anda. Namun hanya kecil kemungkinan untuk dapat diselesaikan, sehingga kita harus menghapus beberapa cell yang dimulai dari akhir kolom dan baris tabel anda. Dengan cara ini baru anda dapat menambahkan kolom baik di akhir tabel maupun di tengah tabel.

Jika cara di atas tidak dapat menyelesaikan masalah anda, tips yang dapat anda lakukan untuk

Menambahkan kolom baru di Excel :

1. Arahkan mouse anda pada bagian pojok kiri headings lembar kerja anda
2. Lalu klik kanan mouse anda dan pilih copy
3. Buat file baru excel anda
4. Tempatkan cursor mouse anda pada bagian pojok kiri heading lembar kerja yang baru
5. Paste
Sehingga langkah tersebut di atas dapat diilustrasikan seperti pada gambar di bawah ini untuk penempatan kursor mouse saat anda melakukan copy dan paste tabel.


Setelah melakukan langkah no 1 sampai dengan no 5 maka anda dapat menambahkan / menyisipkan kolom diantara tabel anda (menambahkan pada kolom AD). Lakukan cek rumus-rumus di dalamnya, karena ada kemungkinan rumus-rumus tersebut terhubung dengan lembar kerja (sheet) yang lain. Bila memang terhubung ke sheet yang lain, lakukan edit dari rumus yang ada baik nama folder ataupun sheet excel yang ada.

Agar file excel anda tidak mendapatkan notifikasi tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :
1. Saat anda menambahkan kolom atau baris baru diantara tabel, perhatikan agar baris dan kolom tidak ada yang disembunyikan.
2. Bila anda menggunakan Format Style Table, tambahkan baris kosong terlebih dahulu dan baru anda input data.
3. Jika anda akan memindahkan satu baris tabel, sebaiknya gunakan fungsi copy - paste jika memungkinkan. Dan Jika tidak anda dapat menggunakan fungsi Cut - Paste. Fungsi Cut and Paste ini lebih baik sebenarnya dalam teknis memindahkan data, jika data tersebut terkoneksi pada file excel yang lain, karena secara susunan cell tidak berubah. Agar tidak terjadi masalah dalam rumus di file excel tersebut atau file yang terhubung lainnya, anda dapat mengaktifkan Enable Iterative Calculation melalui Menu - Option - Formula dan check list bagian Enable Iterative Calculation.

Itulah cara mengatasi masalah disaat anda tidak dapat menambahkan kolom pada lembar kerja excel anda. Demikian langkah singkat ini, semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.