Tuesday, July 17, 2018



Dalam sebuah table yang berisi kumpulan data, dimana sekali waktu kita ingin mengelompokan berdasarkan urutan tertentu, anda dapat melakukan beberapa alternatif untuk melakukannya.
Saya asumsikan disaat kita menerima suatu order dengan banyak nomor PO, dimana didalam PO tersebut terdapat banyak item maka kita perlu melakukan rekap daftar PO yang kita terima. Jika saat barang yang yang akan dikirimkan tersebut didasarkan akan no PO, maka bukanlah hal yang sulit. Tetapi jika barang yang akan dikirimkan tersebut diambil dari beberapa PO yang ada, maka perlu adanya pencatatan khusus agar tidak terjadi pengiriman yang double atau tidak terkirimnya atas barang tersebut.

Keadaan jual beli ini bisa temui disaat antara penjual dan pembeli melakukan perjanjian sebelumnya. Untuk pihak pembeli tidak terlalu menjadi masalah karena sebagai penerima barang. Namun bagi pihak penjual yang produknya tidak memiliki stock, hanya sesuai permintaan maka perlu perhatian ekstra atas order tersebut. Hal ini biasanya bagi mereka yang memiliki usaha jenis percetakan, pengepakan box / kardus. Berdasarkan kondisi tersebut anda dapat menggunakan fungsi query agar memudahkan pekerjaan tersebut. Karena akan secara otomatis akan tersusun sesuai dengan nomor / index yang diberikan.

Cara menggunakan Power Query di Excel

Anda harus sudah terinstall add ins Power Query Berikut Contoh yang akan saya berikan, dimana dalam gambar awal terdapat kolom yang saya beri highlight berwarna kuning. Setelah anda memilih daftar yang anda inginkan, berikan penomoran sesuai yang akan anda buat. Selanjutnya Pilih seluruh table, lalu masuk ke menu Power Query lalu pilih icon from table. Dari langkah ini maka akan menampilkan workbook query seperti di bawah ini :

Jika dilihat dari gambar di atas saya memberikan nomor satu sampai dengan enam, dimana nomor tersebut adalah langkah yang untuk dapat menghasilkan dengan fungsi query.
1. Source
Adalah menampilkan sumber table sesuai aslinya, dimana untuk nomor yang tidak terisi akan menampilkan keterangan null

2. Unpivot Coloumns dapat anda lakukan dengan cara masuk ke menu Transform (2a) lalu pilih bagian yang dilingkari berwarna merah dan selanjutnya anda dapat memilih unpivot coloumns, seperti yang tampak di bawah ini :

3. Added Index berfungsi untuk melakukan index terhadap penomoran yang telah dibuat, sehingga kolom yang sebelumnya berisi null tidak akan di tampilkan. Namun saat anda mengaktifkan Added Index, maka kolom index tersebut akan berpindah ke bagian akhir tabel sehingga anda perlu memindahkan kolom index tersebut ke bagian awal table yang bisa disebut dengan Reorder Coloumns (4).


4. Removed Other Coloumns berfungsi jika anda ingin menghilangkan bagian pada suatu tabel pada workbook query, dengan cara :

5. Changed Type berfungsi jika anda ingin isi tabel yang ditampilkan sesuai dengan formatnya baik dalam format angka, tanggal / waktu maupun hanya dalam format text. Langkah perubahan type ini dapat anda lakukan seperti di bawah ini :

Jika lima langkah tersebut telah anda lakukan maka tahap akhir adalah dengan masuk ke menu file - Close & Load. Maka isi tabel akan menghasilkan sesuai angka yang terisi. Hasil dari power query ini ada pada sheet lain, seperti anda menggunakan pivot table.

Bila proses pembuatan power query ini berhasil, coba anda hapus nomor pada data aslinya lalu masuk ke sheet power query dan selanjutnya klik kanan mouse anda lalu pilih refresh, maka secara otomatis data akan berubah. Dengan demikian anda tidak perlu melakukan pengaturan workbook query lagi. Semoga panduan singkat ini dapat membantu anda.

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.