Saturday, July 28, 2018



Pada kesempatan ini saya akan memberikan langkah bagaimana cara membuat grafik (chart table)untuk menghasilkan grafik yang sesuai dengan data dari tabel yang telah anda buat. Penerapan dalam pembuatan grafik pada microsoft word berbeda dengan microsoft excel. Karena kita harus memasukan kembali data kedalam daftar tabel dari grafik yang akan dibuat.

Cara membuat grafik di Microsoft word 2013 :


1. Buat Daftar table yang akan anda buat grafiknya (Tabel dengan NO, NAMA dan JUMLAH) :
(asumsi table yang akan di buat seperti pada gambar berikut)
Tabel yang akan dibuat #berbagi73

Pada table di atas saya memberikan warna sesuai dengan jumlah yang tercantum dalam table. Dimana saya berikan warna tersebut dengan tujuan agar Grafik yang dihasilkan dengan nilai tersebut akan berwarna sama.
Baiklah mari kita lanjutkan langkah berikutnya untuk membuat Grafik.

2. Masuk ke menu Insert Chart.
Pada langkah ini akan diminta untuk memilih jenis Grafik. Saat ini saya memilih Grafik batang lalu pilih ok. Selanjutnya pada layar komputer anda akan menampilkan tabel dengan title Chart in Microsoft Word.

3. Copy data tabel yang telah anda buat tadi ke dalam Chart in Microsoft Word, dengan cara copy paste. Namun saat paste data table anda harus menggunakan paste special dan pilih text.
sehingga akan menampilkan seperti di bawah ini pada chart in Microsoft Word (A) dan pindahkan angka yang sama sesuai dengan urutannya (B) dan ganti nomor dengan sesuai nama toko :
pengaturan tabel grafik #berbagi73

4. Double klik pada Grafik agar menampilkan Format Chart Area pada samping kanan layar Microsoft word anda. Jika tidak menampilkan secara otomatis, anda dapat masuk ke menu chart tools - pilih format - pilih format selection.

5. Pilih salah satu Grafik, batang untuk mengatur jarak antara Grafik yang satu dengan yang lainnya, agar dapat menampilkan lebar Grafik sesuai keinginan anda dan untuk merubah warna dari Grafik anda dapat memilih icon fill & line disamping icon segi lima, lalu rubah pada bagian color.
format data point #berbagi73

6. Jika anda tidak ingin menampilkan format legend (pada bagian bawah) anda dapat memilih Format legend tersebut dan menghapusnya. Begitu pula dengan Judul Grafik anda dapat merubahnya dengan cara langsung mengeditnya seperti text box.

Setelah selesai anda melakukan edit Grafik sesuai dengan keinginan anda, maka anda dapat langsung melakukan drag and drop jika anda ingin meletakkannya di samping table yang anda miliki.

Demikian langkah yang dapat anda lakukan membuat Grafik di Microsoft Word 2013.

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.