Jika anda yang telah lama menggunakan microsoft word, dan sering menambahkan beberapa custom icon shortcut pada toolbar / ribbon sebagai fungsi shortcut, maka anda hal tersebut bukanlah hal yang baru bagi anda. Adapun salah satu contoh penambahan icon shortcut pada Microsoft word adalah seperti tampak pada gambar berikut :
Pada gambar di atas, icon shortcut tersebut tidak ada pada setting default dari microsoft word. Shortcut tersebut dapat kita atur sesuai dengan keinginan kita dengan disesuaikan penempatannya maupun fungsinya.

Untuk membuat icon shortcut pada toolbar / ribbon :
1. Klik kanan mouse anda pada sembarang ribbon hingga menampilkan Customize the Ribbon yang nantinya harus anda pilih, seperti tampak pada gambar berikut :
2. Selanjutnya bagian Customize the Ribbon anda dapat membuat :
a. New Tab yang akan ditempatkan pada posisi sejajar dengan menu file
b. New Group sebagai salah satu pilihan dari pengguna untuk membuat atau memasukan salah satu perintah dengan tujuan untuk mempersingkat dalam melakukan pekerjaan.

Namun fungsi customize the ribbon shortcut ini tidak dapat tersimpan disaat kita melakukan install ulang microsoft windows. Lalu bagaimanakah caranya agar semua personalisasi shortcut icon yang sudah kita lakukan tidak perlu mengatur ulang atas fungsi shortcut yang telah kita lakukan. Setiap personalisasi yang kita lakukan pada microsoft word akan tersimpan pada file dengan nama normal.dotm. Dengan demikian jika anda merasa hasil personalisasi tersebut dirasakan penting, maka anda cukup menyalin / mengcopy file normal,dotm tersebut kedalam folder lain atau dapat dipindahkan ke flash disk.

Untuk membackup file normal.dotm ini anda dapat masuk pada folder C:\Users\namauser\AppData\Roaming\Microsoft\Templates. Dan jika anda telah menemukannya anda dapat membackup ke folder lain. Untuk letak file normal,dotm dapat anda lihat pada gambar berikut :
Sebagai catatan, jika anda menginstall microsoft office dengan versi terbaru, maka selama file normal.dotm tersebut terletak pada folder yang sama, maka icon shortcut / ribbon akan tetap berada pada tempatnya. Demikian fungsi dari normal.dotm sebagai template personalisasi untuk custom ribbon.

Baca Juga




1 komentar:

Aku baru tau nih caranya, makasih om infonya

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.