Wednesday, August 15, 2018



Circular References
Dalam menggunakan Microsoft Excel kadang tanpa kita sadari data yang kita gunakan semakin hari semakin bertambah. Yang dimaksud penambahan data disini adalah dalam file yang sama dan bulan dalam arti data berupa file. Penambahan data ini sering terjadi jika suatu waktu kita harus menyisipkan data di dalam pertengahan bagian tabel atau menambahkan rumus tertentu. Karena dengan adanya penambahan data baik kolom, baris maupun sheet dimana terdapat rumus di dalamnya. Permasalahan rumus ini kadang kita temui jika kita menggunakan fungsi rumus berlapis atau bertingkat seperti fungsi if dan vlookup yang sering melibatkan data yang cukup kompleks.

Cara mengatasi notifikasi "Careful, we found one or more circular reference in your workbook that might cause your formulas to calculate incorrectly" :

1. Masuk ke menu File lalu pilih Option

2. Pada tampilan Excel Option anda dapat memilih bagian Formula dengan mengaktifkan Enable iterative calculation yang saya beri lingkar merah di bawah ini.
Enable iterative calculation

Sebenarnya notifikasi tersebut tidak akan terjadi jika tidak adanya perubahan dalam struktur tabel atau cell pada file microsoft excel tersebut. Dan kalaupun terjadi perubahan anda dapat mengetahuinya lebih awal dengan ditandai adanya tanda segitiga kecil pada cell yang memiliki rumus. Disaat itulah anda dapat melakukan perbaikan rumus tersebut, seperti adanya perubahan alamat cell yang berubah. Namun sebagai pengguna sebagian besar tidak memperhatikan hal tersebut. Dan bila sekali waktu anda telah mengaktifkan Enable iterative calculation namun masih tetap muncul notifikasi tersebut atau bahkan tidak dapat menyimpan perubahannya, anda dapat menyimpan file excel tersebut ke versi yang lebih tinggi. Disamping itu kelebihan mengaktifkan Iterative Calculation akan meningkatkan proforma file excel itu sendiri. Semoga artikel ini dapat menyelesaikan masalah anda jika mengalaminya.

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.