Friday, August 17, 2018

Dalam menjalankan transfer kepada penerima tansfer untuk bank lain, maka kita memerlukan kode bank tujuan. Setiap bank memiliki kode khusus baik untuk domestik transfer maupun international transfer. Bila kita menggunakan layanan sms banking atau mobile banking untuk melakukan transfer di dalam negeri kita perlu mengetahui sebelumnya kode bank tujuan.


Sedangkan jika anda menggunakan ATM atau layanan Internet Banking kita dapat mencarinya pada menu atm atau pada menu internet banking.

Kode Bank Domestik

Kode bank tersebut lebih berisi tiga digit angka. Lalu apakah kode tiga digit tersebut bisa digunakan disaat kita menerima transfer dari luar negeri ? tentu tidak bisa digunakan. Untuk dapat melakukan transfer internasional ada istilah kode yang digunakan yaitu SWIFT / BIC dan IBAN

Beberapa Kode Bank Internasional :

1. SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) pada prinsipnya juga sama dengan kode bank domestik untuk menghubungkan antara norekening dan bank tujuannya melalui lintas negara. Pada SWIFT ini kode yang digunakan adalah kombinasi antaa huruf dan angka. Dimana kode tersebut berbeda-beda jumlahnya. Tergantung dari Negara, wilayah dan nama bank itu sendiri.

2. BIC (Bank Identifier Code) adalah code yang digunakan hampir sama dengan dengan SWIFT hanya dalam penginputannya secara manual dengan susunan Kode Bank - Kode Negara - Kode Bank Pusat - Kode Bank Cabang.

3. IBAN (International Bank Account Number), adalah sebuah sistem standar penomoran rekening bank, dimana digunakan untuk bank yang berada di wilayah eropa. Salah satu contoh kode IBAN : BE62 5100 0754 7061. Dan bila anda akan melakukan transfer ke Penerima yang berada di wilayah Eropa, maka saat anda dalam mengisi form transaksi, maka ada baiknya juga anda menyertakan SWIFT CODE, agar memudahkan pihak Bank dalam melakukan penelusuran pada Bank tujuan.

Struktur kode IBAN :

1. Kode Negara dengan standar iso
2. Kode Digit
3. Inisial Nam Bank
4. Kode Bank
5. Nomor Rekening

Setelah mengetahui istilah SWIFT, BIC dan IBAN sebenarnya ada satu kode lagi untuk melakukan transfer, yaitu BSB.
BSB ini memiliki 6 digit angka yang berfungsi untuk mengidentifikasi kantor cabang penerima.

Jika suatu saat anda diminta melakukan international transfer dengan menggunakan IBAN baiknya lakukan cek validasi rekening dengan menggunakan IBAN Calculator agar hasil yang didapat sama dengan informasi yang kita miliki. Cara ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan kode SWIFT dari referensi IBAN. Itulah istilah yang dapat anda kenal tentang SWIFT / BIC, IBAN dan BSB. Semoga dapat menambah pengetahuan kita.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.