Bila pada artikel sebelumnya saya membahas pembayaran billing ID melalui MCM Mandiri, kali ini saya akan membagikan bagaimana jika anda memiliki rekening BCA dan telah terdaftar di Klik BCA lalu inging membayarkan billing ID. Sebenarnya untuk pemilik rekening Personal, langkah dalam melakukan pembayarannya hampir sama. Dimana pada setiap Internet Banking Personal selalu memiliki menu pembayaran. Fungsi Pembayaran ini biasanya digunakan untuk pembayaran rekening dengan jenis angka virtual.

Langkah untuk bayar Billing ID dengan Klik BCA :


1. Anda sudah memiliki no Billing ID.
Untuk mendapatkan billing ID, anda harus terdaftar pada Sistem Billing Pajak. Jika sudah mendapatkan no Billing ID selanjutnya..
2. Masuk Internet Banking KlikBCA
3. Masuk ke menu Pembayaran
4. Pilih Menu Pajak
5. Rubah jenis pajak menjadi Penerimaan Negara
6. Masukan Kode Billing yang anda miliki
7. Pilih Lanjutkan
8. Setelah layar berpindah pada referensi pembayaran pajak, sebaiknya anda memastikan kembali kode akun pajak dan kode jenis setoran. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan pembayaran akibat kesalahan kode saat membuat billing ID. Walaupun sebenarnya jika terjadi kesalahan, wajib pajak dapat melakukan permintaan pindah buku sesuai dengan akun pajak yang sebenarnya.
9. Masukan Respon KeyBCA Apply 1 ke dalam kotak isian. Angka ini di dapat dari angka yang tampil pada token anda.
10. Kirim
11. Setelah layar menampilkan "Transaksi Pembayaran Pajak Telah selesai Diproses", jangan anda logout internet banking anda.
Gulir vertikal bar internet banking anda sampai menampilkan menu Cetak - Simpan - Kembali.
Tujuan dari menu ini adalah sebagai verifikasi pembayaran pajak yang telah dilakukan untuk mendapatkan kode NTPN dalam melaporkan SPT kepada kantor KPP terdaftar.
Langkah-langkah di atas dapat diilustrasikan pada gambar :


Jika anda ternyata lupa telah logout dan bagaimana

cara mencetak kode verifikasi NTPN pada klik BCA :

a. Histori Transaksi
b. Pilih Periode saat anda melakukan pembayaran billing ID tersebut
c. Pilih jenis transaksi dengan merubah ke menu Pembayaran lalu Kirim
sehingga dapat dilihar pada gambar berikut :


d. Selanjutnya anda dapat memilih referensi sesuai dengan nilai yang dibayarkan. Dari langkah ini selanjutnya maka anda akan mendapatkan bukti pembayaran dengan kode verifikasi NTPN yang telah dibayarkan.
e. Anda dapat langsung mencetak atau menyimpannya ke dalam format pdf jika anda menggunakan google chrome.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.