Pada kesempatan kali ini, artikel yang saya buat adalah sebagai pengalaman yang selama ini saya alami. Dimana dahulu saya sering mengalaminya. Sesuai dengan judul dari artikel kali ini saya mencoba untuk membagikan pengalaman dalam hal masalah, solusi maupun antisipasi agar tidak terjadi kendala.
masalah komputer dan solusinya

Seperti kita ketahui bahwa di dalam sebuah CPU terdapat :
1. PSU (Power Supply Unit)
2. Mainboard yang terdiri dari :
a. Processor
b. VGA Card
c. Harddisk

Berikut masalah yang kadang dialami oleh pengguna komputer :

1. Mengapa saya tidak bisa terhubung ke dalam suatu jaringan komputer ?

Untuk pertanyaan diatas kita harus melakukan beberapa pengecekan. Dimana dalam hal ini kita dapat membaginya kedalam dua kondisi yaitu koneksi dengan menggunakan kabel atau nirkabel (wifi). Untuk kondisi ini sebaiknya lakukan beberapa langkah :
a. Cek lampu indikator network adapter pada modem / router
Langkah ini sebagai tindakan awal agar yang cukup relevan. Karena bisa jadi modem / router tersebut mengalami masalah dalam hal hardwarenya.

b. Cek kabel jaringan apakah ada bagian yang terputus.Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kabel tester. Dimana kabel tester ini bisa digunakan untuk mengecek sambungan kabel network maupun sambungan kabel telp. Kita cukup menghubungkan masing-masing jack ke alat tersebut dan indikator ditandai dengan lampu led yang menyala pada alat tersebut. Jika tidak menyala salah satu lampu pada alat tersebut, coba ganti jack network keduanya.

c. Cek network adapter anda pada device manager anda. Apakah mengalami masalah atau tidak. Hal ini bisa dilihat dengan membuka atau expand pada bagian network adapter. Jika tidak melihat adanya logo atau icon tidak memiliki tanda seru yang berwarna kuning, artinya network adapter terbaca oleh system windows anda. Tetapi sebaiknya anda perlu mengetahui terlebih dahulu nama dan type network adapter yang anda gunakan. Karena jika tidak sesuai versinya network adapter tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.

d. Gunakan perintah ipconfig /all pada perintah Command Prompt
Langkah ini digunakan untuk melihat ip address yang digunakan atau yang terbaca pada system windows anda. Karena jika ip address yang kita gunakan tidak dalam satu jaringan biasanya ditandai dengan notifikasi "limited", tanda warna kuning atau dengan symbol tanda silang berwarna merah yang artinya anda tidak bisa menghubungkan komputer anda pada jaringan yang ada.

Untuk ip address yang tidak dalam satu jaringan :
Rubah setting ip address ke otomatis dengan cara masuk ke network properties - masuk ke bagian ipv4 - pilih properties - aktifkan mode otomatis baik ip address maupun dns. Jika telah dilakukan perubahan secara otomatis dan tetap tidak terhubung, ada kemungkinan jaringan yang dibuat oleh admin membatasi akses ke modem / router tersebut. Batasan tersebut misalnya
- Hanya 5 user yang dapat mengakses network.
- Hanya mengijinkan ip address atau mac address yang terdaftar untuk mengakses network.
Dengan kondisi ini solusinya adalah kita harus mengetahui angka ip address manual.

2. Mengapa jam dan tanggal pada komputer tidak berubah ?

Kondisi ini sepertinya jarang terjadi atau yang menanyakan hal ini. Tetapi jika suatu saat terjadi pada anda, solusi yang bisa anda lakukan adalah :
a. Cek seting bios komputer anda. Untuk masuk ke bios anda dapat melihat pada layar komputer saat dihidupkan seperti pada bagian kiri atas, bagian kiri bawah atau bagian kiri tengah yang bertuliskan :
- Press del
- Press F2
- Press Esc
Setelah anda masuk ke menu bios, lihat pada bagian tanggal dan jam, rubah ke waktu anda.
Setelah masuk ke windows, perhatikan apakah tanggal dan jam telah berubah sesuai dengan waktu anda.

b. Jika masih belum sama, anda dapat cek pada bagian regional setting yang anda gunakan.
Kedua solusi ini bisa kembali normal, dengan catatan baterai cmos masih dapat menyimpan memory. Dengan demikian jika pada keesokan hari tanggal dan berubah kembali, anda harus mengganti baterai cmos tersebut.

3. Mengapa Mouse wireless saya tidak bisa digunakan ?

Untuk menyelesaikan masalah ini solusinya adalah :
a. Cek baterai yang terpasang pada mouse tersebut apakah sudah habis dayanya atau masih ada kelistrikannya. Bisa dilakukan dengan mengganti baterai. Jika setelah baterai diganti dan mendapat notifikasi bahwa usb port tidak terbaca, coba pindahkan usb wireless tersebur ke port usb yang lain.
b. Jika usb masih tidak terdeteksi, coba hapus riwayat port usb dari sytem windows dengan menggunakan usb deview. Uninstall atau remove riwayatnya.

atau pegang bagian transmiter usb tersebut apakah panas atau tidak. Jika panas, artinya ada kerusakan pada perangkat tersebut. Untuk kondisi ini anda harus menggantinya.

4. Mengapa koneksi usb printer tidak terdeteksi?

Kondisi ini sama halnya yang terjadi pada mouse anda yang menggunakan koneksi wireless. Coba gunakan program usb deview untuk merefresh koneksi dengan cara menghapus koneksi usb printer sebelumnya. Jika masih tidak terdeteksi sambungan usb, coba cek pada setting bios. Untuk masuk ke bios lakukan seperti akan mengatur jam dan tanggal. Hanya untuk bagian usb ada pada menu yang lainnya. Coba lihat apakah statusnya enable tidak?.
Untuk install driver printer caranya kadang berbeda-beda, khususnya untuk printer dengan merk HP. Jenis printer ini merekomendasikan saat melakukan install, jangan menghubungkan printer ke komputer sebelum ada perintah untuk menghubungkan usb ke komputer. Hal ini dapat anda ikuti pada setup wizard driver printer anda.

Jika sebelumnya printer anda berjalan normal kemudian dilain waktu tidak bisa mencetak dengan notifikasi "spooler", anda dapat membaca artikel saya sebelumnya :
"Mengatasi Masalah Print Spooler Service pada System Komputer"

5. Mengapa tampilan desktop tidak bisa 16bit / 32bit ?


atau bisa dikatakan tampilan layar monitor pecah yang hanya bisa mendukung 256 color saja.
Penyebab display monitor hanya bisa 256 color adalah :
Faktor Pertama
Tanpa disadari anda telah mengubah resolusi disaat melakukan personalisasi tampilan desktop. Solusinya cukup mudah untuk kondisi ini, yaitu anda dapat mengembalikannya ke resolusi ke 32bit dan sesuaikan ukuran tampilan layar yang digunakan.

Faktor Kedua
Jika sebelumnya tampilan layar normal, artinya ada perubahan yang terjadi pada file driver vga anda. Hal ini bisa disebabkan anda telah melakukan update versi windows. Karena konfigurasi system anda mengaktifkan autoupdate secara otomatis. Sedangkan file driver vga tidak terupdate sesuai dengan versinya.
Solusinya, anda dapat mencari driver vga dengan versi terbaru dari jenis vga yang anda gunakan. Jika anda tidak dapat mendapatkannya, mau tidak mau anda harus mendowngrade windows ke versi sebelumnya.

6. Mengapa Komputer tidak bisa masuk ke windows dengan tampilan bluescreen ?

Pada kondisi ini banyak faktor penyebabnya :
a. Adanya perangkat baru yang terhubung ke komputer.
Untuk masalah ini, coba lepas perangkat tersebut lalu restart kembali komputer anda.

b. Adanya virus yang menyerang system windows anda.
Coba booting komputer anda dan masuk dengan pilihan safemode. Jika bisa masuk ke windows, lakukan scan komputer dengan antivirus portable yang telah terupdate databasenya. Atau anda dapat melakukan restore point ke beberapa hari sebelumnya.

c. Banyaknya swap file yang tersimpan pada folder temporary windows. Sebenarnya masalah ini tidak akan terjadi jika anda memiliki RAM yang cukup / besar kapasitasnya. Karena disaat anda keluar dari suatu program, maka file swap tersebut akan terhapus dengan sendirinya. File swap ini dapat dilihat dengan extensi .tmp. Dan untuk menghapusnya, setelah anda booting ke safemode masuk ke run lalu ketik %temp%.

Itulah masalah yang kadang dialami oleh saya selama menggunakan komputer. Dan sebagai tips yang mungkin bisa anda lakukan agar system windows maupun hardware komputer anda terjaga kondisinya :
1. Jika kapasitas harddisk anda tidak cukup besar, anda tidak perlu mengupdate windows anda.
2. Gunakan antivirus sesuai dengan spesifikasi komputer anda.
3. Bersihkan file yang sudah tidak terpakai. Bisa menggunakan program ccleaner atau dengan menghapus file temp secara manual.
4. Jangan mencabut koneksi usb tanpa melakukan prosedur dengan benar.
5. Jauhkan komputer anda dari tempat berdebu. Anda bisa menutup komputer jika tidak digunakan.
6. Jika anda memiliki printer dengan jenis deskjet, lakukan print dokumen tiga atau empat hari sekali agar tidak tersumbat.

Anda dapat mencoba langkah diatas jika sekali waktu terjadi masalah. Jika anda ragu, sebaiknya serahkan masalah komputer anda pada orang yang lebih memahami.

Baca Juga




1 komentar:

Memang kadang suka lupa lagi dengan masalah pada komputer apalagi saya sering kerja di luaran jadi pas ada kepentingan bukan komputer sering ada program yang tidak mengerti apa itu atau sebuah permasalahan, tapi dibalik itu ada semua solusinya. Thanks.

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.