Saturday, October 20, 2018



Hardrive
Sebenarnya dari pertanyaan ini, jawabannya cukup kompleks. Mengapa ? karena kita harus mengetahui :
1. Berapa kapasitas harddiskyang digunakan
2. Program apa yang terinstall, apakah menggunakan  program  untuk menerima email,
3. Apakah anda mengaktifkan hibernate
4. Apakah anda mengaktifkan  autoupdate pada system windows anda.

Pertanyaan tersebut adalah faktor yang menyebabkan kapasitas hardisk anda akan berkurang tanpa disadari. Jika anda menghapus file yang besar, sebenarnya sudah merupakan salah satu langkah untuk menambah kapasitas harddisk. Namun cara ini hanya sebatas folder / file yang anda delete.

Tindakan yang dapat anda lakukan adalah :
a. Coba anda masuk ke menu program run lalu ketik %temp% apakah di dalam folder tersebut banyak terdapat file ? coba select all lalu klik kanan mouse anda dan pilih properties, berapa ukuran files di dalamnya, delete semua file tersebut.

b. Cek Program and features, lihat kapasitas program tersebut. Jika bisa digantikan dengan versi yang lebih rendah, agar kapasitas hardisk yang digunakan kecil.

c. Jika anda menggunakan Microsoft outlook untuk menerima email, sebaiknya anda migrasi ke program lainnya seperti thunderbird karena program microsoft outlook memiliki kapasitas yang yang besar saat menerima email yang diterima.

d. Apakah anda mengaktifkan hibernate ? fitur hibernate ini jika anda lihat kapasitasnya, pasti akan tercengang. Karena file hibernate rata-rata kapasitas yang diperlukan untuk mengaktifkannya ditandai dengan adanya fike yang bernama hibernate dan kapasitas / ukuran file tersebut ratusan mega hingga gigabytes.

e. Proses autoupdate system windows sangat berpengaruh pada kapasitas hardrive C anda, jika program yang anda gunakan tidak memerlukannya. Kecuali jika anda menggunakan antivirus, maka hanya mengaktifkan autoupdate antivirus saja.

f. Gunakan fitur search, lalu ketik *.help dan *chm. Jika anda tidak suka menggunakan fitur bantuan pada windows atau help, anda dapat membersihkannya.

g. Cek komputer anda, siapa tau terserang virus sality. Walaupun kapasitas sality ini hanya 1kb, namun dia akan tersimpan di masing-masing folder. Buka fitur hiden files windows anda untuk mengetahuinya.

Jika anda sudah cek dan memperbaiki hal tersebut diatas, tetapi tetap kurang kapasitas hardisk anda. Mungkin saatnya untuk menambah atau mengganti hardisk anda. Karena mungkin anda adalah type orang yang ingin selalu belajar. Hingga anda selalu install program baru di komputer anda. Tetapi pelajari juga bagaimana cara uninstall dengan sempurna.

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.