Thursday, October 25, 2018

Dalam membuat sebuah dokumen dalam Microsoft Word pada umumnya dibuat untuk sebuah surat pernyataan, surat perjanjian atau sebuah dokumen untuk sebuah makalah. Bagi mahasiswa atau pelajar biasanyanya dalam membuat sebuah makalah atau dokumen tidak terlepas menggunakan index dalam isi dokumen yang dibuatnya atau style heading.

Fungsi utama style heading adalah :

1. Memudahkan dalam memberikan index dalam suatu dokumen.

Dengan cara ini jika kita membuat suatu makalah atau skripsi maka terhindar dari index yang duplikat. Mengapa ? karena kita cukup mempersempit / memperluas layaknya seperti kita membuka isi dari folder menjadi sub folder yang tampak pada gambar dibawah ini seperti yang ditandai dengan kotak merah. Anda cukup memilih segitiga tersebut, maka akan memperluas / mempersempit isi dari heading.



2. Mempermudah dalam membuat daftar isi.

Dengan membuat daftar isi dari suatu makalah / skripsi, akan mempermudah pembaca untuk mencari isi. Sehingga jika secara softcopy, kita cukup menahan tombol Ctrl dan mengarahkan cursor mouse ke halaman yang tercantum dalam daftar isi. Dengan langkah ini maka halaman akan berpindah ke halaman yang dituju.
Untuk dapat membuat daftar isi kita bisa menggunakan table of content yang mengacu pada style heading tersebut.

Jika anda ingin mengubah ukuran Jenis huruf, ukuran huruf atau warna huruf anda dapat melakukan modifikasi dengan cara memilih yang ditunjukkan pada panah merah pada gambar berikut :


Untuk menampilkan apply style :

1. Tekan Ctrl+Shift+S secara bersamaan
2. Pilih Modify... seperti yang ditunjukkan dengan panah merah diatas
3. Setelah tampil menu Menu Modify, Anda dapat mengatur jenis huruf ukuran dan format huruf lainnya.
Jika style heading ingin anda terapkan secara keseluruhan pada dokumen anda, pilih Automatically update pada bagian bawah.


4. Selanjutnya pilih OK

Dengan langkah tersebut, anda telah berhasil dalam melakukan perubahan / edit format style di Microsoft Word.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.