Sunday, October 7, 2018

Mengatasi Gesture Asus Zenbook UX303
Bagi pengguna laptop tentu mengenal istilah gesture, dimana user dapat dengan mudah dalam mengkontrol layar monitor anda. Hal ini tergantung dari merk dan laptop yang digunakan.
Beberapa fungsi gesture pada laptop :
1. Scroll layar dengan menyentuh touchpad dan menggerakan dua jari baik ke atas maupun kebawah untuk menggulung layar sesuai yang diinginkan.
2. Zoom layar monitor dengan double tap tiga jari pada touchpad.
3. Membuat pop up menu dengan double tap tiga / empat jari.

Permasalahannya adalah bagaimana jika smart gesture tersebut tiba-tiba tidak berfungsi ? Hal ini baru dialami oleh keponakan saya yang berada luar kota, dimana saat itu dia menghubungi saya, dan mengatakan bahwa smart gesture asus Zenbook UX303 tidak berfungsi. Dia juga sudah mencoba menginstall ulang smart gesture namun tidak berhasil.

Akhirnya penyebab tidak dapat installnya smart gesture tersebut karena baru dilakukan update system windows, dimana telah terupdate juga smart gesture versi terbaru.

Mengatasi Smart Gesture Asus Zenbook:

1. Uninstall smart gesture yang ada.
2. Install smart gesture langsung dari website asus sesuai type.
Setelah dua langkah diatas, biasanya fungsi smart gesture dapat digunakan dengan melakukan restart komputer.

Jika fungsi smart gesture belum berhasil, lakukan langkah berikut :
3. Tekan Ctrl Alt Del secara bersamaan atau dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada menu task windows 10, lalu pilih task manager.
Lihat process windows seperti tampak pada gambar :

mohon maaf jika gambarnya kurang jelas. karena gambar diatas diambil melalui camera. Dan saat itu saya melakukan remote komputer keponakan saya dengan android.

Dari photo tersebut, terdapat 2 program yang meggunakan memory cukup besar yaitu spotify asus giftbox. Jika anda tidak menggunakannya lakukan :
1. end task pada dua proses tersebut.
2. Cari pengaturan program spotify agar tidak masuk pada option startup windows.

Hal ini dapat terjadi bagi pengguna laptop dengan merk yang lain dan dapat buka task manager untuk mencari program yang boros memory.

Dengan demikian dua solusi utama untuk mengatasi smart gesture asus zenbook UX303 adalah dengan menjaga kondisi memory yang digunakan atau melakukan install ulang smart gesture jika masalah terjadi setalah systen windows terupdate.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.