Bagi yang menggunakan Microsoft Word, tentunya anda mengenal fungsi Autocorrect. Dalam menggunakan fungsi autocorrect, ada beberapa pengguna yang tujuannya untuk mempercepat pekerjaannya. Dimana dengan membuat beberapa kata kunci, maka akan menghasilkan kata, simbol, atau karakter yang diinginkan.
Tetapi pertanyaannya adalah :

Fungsi autocorrect di microsoft word

Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan microsoft word, tergantung dari tujuan saat membuat dokumen. Dimana jika saya sedang membuat dokumen yang didalamnya berisi pengulangan kata-kata, maka saya akan memasukan kata tertentu untuk menghasilkan kata secara otomatis. Misalnya saya akan membuat dua kata "Bank Indonesia", maka saya akan memasukan inisial BI kedalam autocorrect.

Karena program microsoft word lebih mengacu kepada bahasa international, maka ada beberapa kata yang mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita ketik dalam dokumen. Misalnya jika anda mengetikan kata "cafe", maka hasil dari kata tersebut menjadi "café". Sebenarnya hal ini tidak akan terjadi jika setting bahasa yang anda gunakan adalah Bahasa Indonesia.

Lalu bagaimana untuk dapat merubah isi autocorrect yang ada pada microsoft word anda ?
merubah autocorrect di microsoft word :
1. Pilih menu option, dengan cara masuk ke menu file - Option
2. Pilih Profing
3. Pilih Autocorrect Option
4. Cari kata yang akan diubah pada bagian Replace text as you type.
Sehingga jika divisualisasikan langkahnya seperti yang ada pada gambar :
Selanjutnya pilih OK.

Sebenarnya langkah untuk merubah isi yang tercantum pada autocorrect ini dapat dikatakan penting. Karena jika anda seorang staff dari suatu perusahaan yang kebetulan suka membuat faktur pajak, maka anda perlu merubah semua kata-kata yang mengandung huruf spesial seperti yang saya sampaikan di atas.
Karena program efaktur akan gagal diinput saat akan membuat faktur pajak keluaran.

Tetapi jika anda hanya sebatas melakukan pengetikan terhadap sebuah dokumen, dan disaat anda mengetik sebuah kata dan menghasilkan suatu kata dengan jenis huruf spesial, maka anda dapat melakukan "undo". Dengan cara ini, maka microsoft word akan menyimpan historis yang kita lakukan. Dan Microsoft word menemukan kembali kata tersebut, maka akan diabaikan (tidak berubah secara otomatis).
Semoga uraian diatas,dapat anda pahami.

Baca Juga




1 komentar:

Selaku guna auto correct bila mengarang dalam bahasa inggeris
Kalau tak off kan aje auto correct nya.
Anyway good sharing information. Thanks a lot

Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.