Monday, December 17, 2018



Bagaimana sih cara belajar merakit PC (personal computer) sendiri ? Untuk dapat merakit PC pada dasarnya ada dua kondisi :
1. Anda belum memiliki PC.
2. Anda sudah memiliki PC.

Dengan dua kondisi ini sebenarnya kita harus mengetahui terlebih dahulu bagian / hardware dalam satu unit pc, dimana ada :
a. Motherboard
b. RAM
c. Processor dan kipas pendingin
d. Hard disk
e. CD-Rom / DVD-Rom (optional)
f. Power Supply
g. Casing CPU
h. Keyboard
i. Mouse
j. Monitor

Lalu bagaimana jika kita ingin belajar Cara Merakit PC sendiri ?
Berdasarkan pengalaman pribadi saya belajar merakit dimulai dengan memisahkan bagian / hardware dari PC yang saya miliki.
Dimana teknisnya adalah dengan cara menyiapkan kertas, label stiker (jika ada) dan pena. Tentunya anda akan bertanya, untuk apa fungsi kertas, label stiker dan pena ? alat tulis itu akan saya tulis sebagai nomor urut atas komponen dari bagian CPU.

Jika diurutkan untuk membuka CPU :
1. Buka baut sisi casing CPU
2. Pisahkan kabel yang menghubungkan antara Harddisk ke Mainboard.
3. Pisahkan kabel yang menghubungkan antara CD-Rom ke Mainboard.
4. Pisahkan kabel power supply yang terhubung ke :
a. Mainboard.
Biasanya ada dua soket / jack yang terhubung ke mainboard, jack yang dekat dengan processor (kabel warna kuning) dan jack dengan jumlah 20 pin.
b. Pisahkan Harddisk dan CDRom / DVDRom dan kabel yang berisi 4 pin (2 hitam, merah, dan kuning) yang terhubung ke harddisk.
5. Pisahkan Power Supply dengan Casing CPU.
Tujuannya adalah untuk memudahkan memisahkan Mainboard dari casing CPU.
6. Pisahkan kabel power, reset Casing CPU yang menempel ke Mainboard. Beri tanda mana pin (kabel power, reset, lampu led dan kabel speaker). Bila perlu gunakan bantuan kamera untuk melihat letak penempatan masing-masing kabel.
7. Pisahkan Mainboard dari casing CPU.
8. Pisahkan Kipas Processor, dengan cara memutar sesuai arah yang ada pada dudukan kipas processor tersebut. Selanjutnya lihat bagian belakang mainboard. Disana terdapat plastik yang berbentuk kerucut. Dorong plastik tersebut dengan menguncupkan kerucut agar bisa terpisah dari mainboard.
9. Pisahkan Processor dari socket mainboard dengan menggeser kawat sebagai pin processor.

Dari 9 langkah tersebut, anda telah memisahkan semua bagian CPU. Jangan lupa setiap langkah beri nomor urut pada kertas yang telah disediakan. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemasangan kembali CPU yang anda miliki.

Untuk memasang / merakit kembali CPU, anda dapat melakukan langkah yang dimulai dari nomor akhir ke nomor awal. Cara ini yang saya gunakan untuk belajar merakit CPU sendiri. Jika anda ragu, dampingi dengan teman yang mengerti dalam merakit CPU.

Setelah anda memasang kembali, biasanya ada tampilan untuk melakukan setting BIOS. Anda tidak perlu panik, karena anda dapat masuk ke bios sesuai perintah yang di layar monitor anda. Biasanya dengan notifikasi untuk menekan tombol F2, Del atau ESC. Notifikasi ini hanya sebagai perubahan dalam hal tanggal dan waktu.
Semoga belajar merakit CPU ini dapat bermanfaat bagi anda.


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.