Setiap orang memiliki selera music yang berbeda-beda. Dari music yang berirama pop, rock, blues, R&B, balad dan lain sebagainya. Kekuatan music yang dihasilkan tergantung dari penjiwaan si penciptanya. Music / lagu yang diciptakan sebelum era tahun 90 dan era saat ini sangat berbeda jauh. Dimana dahulu jika kita dengar lirik dan irama music yang terdengar terasa menyatu. Tetapi saat ini, lebih menekankan pada beat. Karena memang tidak dipungkiri, tempo music menentukan agar yang mendengarkan ikut terbawa suasana dari music itu sendiri.

Lalu apakah kita bisa menciptakan kreasi sebuah music ? Untuk saat ini jawabannya bisa. Karena banyak program / aplikasi yang dibuat untuk menciptakan kreasi music hanya dengan menyatukan jenis alat music yang tersedia.
Salah satu aplikasi android yang dapat anda pertimbangkan adalah Music Maker JAM.
Pada aplikasi ini tersedia beberapa instrumen alat music yang dapat anda kreasikan dengan mengunduh paket music yang ada.

Cara mengoperasikan Music Mixer JAM :
1. Download aplikasi Music Mixer JAM
2. Masukan music paket yang ada - Digital Pop / Radio Rock.
Masuk ke beranda / Home, pilih My Music - Mix Packs
3. Pilih Make Music dari beranda / Home.
Pada langkah ini, layar akan menampilkan tutorial dalam bentuk presentasi / slide. Atau anda dapat memilih tiga garis di pojok kiri atas, dan pilih New Project.
Selanjutnya anda dapat menambahkan jenis alat music yang akan anda ciptakan dengan dua tampilan :

1. Tampilan yang pertama sebagai langkah untuk menambahkan alat music yang akan disimpan.
2. Tampilan yang kedua untuk mengatur jenis paket music, alat dan efek music, chord yang dapat anda sesuaikan yang ditunjukkan dengan anak panah warna orange. Pada langkah ini jangan lupa untuk mengaktifkan tombol play.
3. Ulangi langkah pertama dan kedua hingga anda dapat menambahkannya sampai dengan delapan jenis instrumen yang akan gunakan.
4. Setelah selesai langkah diatas, anda dapat mulai dengan merekamnya dengan mengaktifkan recording yang saya beri tanda anak panah merah.
Untuk menciptakan jenis music yang bervariasi, anda dapat mengaktifkan instumen mana sebagai intro, reff dan sebagainya.dengan cara mana yang akan diaktifkan terlebih dahulu dari no satu sampai delapan, lalu pilih kembali tombol recording untuk mengakhiri.
5. Simpan

Jika anda ingin menambahkan durasi music anda, maupun mengkombinasikan jenis musin yang lain anda dapat menambahkan tombol yang saya beri warna hijau.
Hasil dari music yang anda ciptakan memiliki extensi ogg. Dan bila akan mengkonversi ke extensi lain seperti mp3, wav, aac, anda dapat menggunakan aplikasi converter yang banyak tersedia di google playstore.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.