Wednesday, December 19, 2018

Pada umumnya setiap pemilik android dalam mengirimkan atau menyimpan gambar adalah dengan extensi jpg. Hal ini dikarenakan android sudah mendukung untuk membuka gambar dengan extensi jpg, png dan bmp. Walau ketiga extensi gambar tersebut memiliki kualitas gambar yang cukup baik. Namun persamaan tersebut memiliki perbedaan dari kapasitas / ukuran file yang dihasilkan. Dimana file jpg, memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran png. Sedangkan ukuran png memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan bmp.

Dari ketiga extensi file gambar tersebut, mungkin anda pernah mendengar file dengan ekstensi tiff atau singkatan dari Tagged Image File Format. File ini sering digunakan oleh instansi, atau sebagai lampiran dalam sebuah email. Karena ukurannya yang cukup kecil dibandingkan dengan jpg, png ataupun bmp.

Disamping itu, file tiff mendukung multipage yang artinya dapat dibuat beberapa gambar dalam satu file. Layaknya sebuah dokumen, dimana yang membedakan adalah dalam bentuk image dan bukan dalam bentuk teks.

Lalu bagaimana jika anda memiliki android dan menerima file tiff melalui email. Maka anda tidak berhasil membuka file tiff tersebut. Gambar akan terpotong saat preview. Jadi anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Untuk memudahkan anda membuka file tiff, terutama multipage tiff yang berisi beberapa halaman, anda dapat menggunakan aplikasi android yaitu Multi-tiff Viewer yang telah diunduh dari playstore.

Dengan demikian anda tidak perlu mengakses email tersebut melalui komputer hanya untuk membuka multiple tiff. Karena jika anda menggunakan komputer, anda dapat membukanya dengan program bawaan windows yaitu picture view.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.