Setiap pemilik android, biasanya tidak tertinggal untuk menginstall beberapa aplikasi media sosial seperti Google plus, whatsapp, line, twitter, pinterest, instagram dan lain sebagainya.
Dari media sosial yang ada banyak yang mempergunakannya untuk berbagi pengalaman ataupun sebagai sarana untuk berjualan. Hingga suatu waktu saya mengenal aplikasi yang bernama Quora. Ternyata yang saya rasakan, aplikasi tersebut memiliki manfaat. Karena kita dapat mencoba kemampuan kita untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh anggota quora.

Dengan berjalannya waktu, ada suatu pertanyaan yang dilontarkan kurang lebihnya seperti ini :
"Bagaimana cara membuat angka 082 menjadi +6282 atau +62082 menjadi +6282 pada excel

Dengan pertanyaan tersebut, saya yang biasa menggunakan program excel tertantang untuk mencoba menjawabnya. Hingga akhirnya saya menjawab :
Setiap angka yang diawali dengan angka 0 maka akan hilang angka 0 tersebut. Kecuali kolom yang terisi angka 0 tersebut telah dirubah menjadi format text atau menambahkan tanda petik (') sebelum angka 0. Dan selanjutnya saya memberikan saran agar merubah format cell menjadi custom dan isi pada kolom type dengan : "+62"General.

Cara ini bisa menjadi solusi jika memang angka 0 ada di awal. Lalu bagaimana jika angka 0 tersebut letaknya ada di deret ke tiga seperti +62082. Maka cara format custom yang sudah saya berikan tidak terselesaikan.

Cara merubah format text cell

Fungsi ini untuk merubah angka tertentu dengan menggabungkan fungsi IF dan MID :
Format Custom Text Cells di Excel

Dari contoh diatas saya menggunakan fungsi if sebagai bantuan logika dimana :
1. Rumus yang pertama (warna orange/jingga)
="+62"&IF(MID(B2;4;1)="0";MID(B2;5;15))
Pada angka pada cell b2 terdapat angka 0 setelah +62. Sehingga jika akan digabungkan, maka kita memerlukan bantuan tanda petik "+62"& dengan tujuan agar angka +62 ditampilkan diawal.
Selanjutnya dengan mengguonakan rumus MID, dimana MID(B2;4;1). Angka 4 adalah karakter ke 4 dimana terdapat angka 0. Sedangkan angka 1 adalah angka yang akan diambil dari deret tersebut hanya satu angka. yang akan dipergunakan.

Sedangkan untuk (B2;5;15), angka 5 menunjukkan deret angka setelah 0 yaitu angka 8. Sehingga angka yang akan diakui adalah dimulai dari angka 8.

2. Rumus yang kedua (warna biru)
="+62"&IF(MID(B6;1;1)="0";MID(B6;2;15))
Penerapan rumus MID pada bagian ini hampit sama dengan sebelumnya. Yang membedakan adalah dengan mengganti angka 4 menjadi 1. Karena angka 0 berada di awal. Sedangkan angka 5 pada rumus sebelumnya diganti dengan angka 2.

Lalu bagaimana jika kondisi cell yang tertulis pada kolom tersebut ada dua jenis, baik yang dimulai dengan angka 0 atau dengan angka 0 yang berada di deret ke 4. Anda cukup menggabungkan kedua rumus tersebut di atas seperti yang saya beri warna hijau :
rumus kedua Format Custom Text Cells di Excel

Dari rumus tersebut, saya hanya menggunakan ="+62"& di awal rumus. Dengan demikian maka anda tidak perlu mengkondisikan rumus sesuai angka yang tertulis. Dengan demikian anda dapat menyesuaikan kondisi karakter yang akan anda lewatkan pada rumus MID.

Untuk penerapan rumus MID lainnya, anda dapat membaca artikel :


Dengan menggunakan fungsi MID ini, maka anda tidak perlu memasukan huruf / karakter satu persatu. Karena secara otomatis karakter akan terisi dalam kolom-kolom yang sudah disediakan. Dengan catatan anda telah memasukkan rumus dalam masing-masing kolom. Semoga bermanfaat.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.