Wednesday, January 9, 2019



Begitu banyak variasi yang dapat kita lakukan dengan Rumus IF pada Microsoft Excel. Jika anda pernah berkunjung pada blog berbagi73 sebelumnya, tentu anda dapat menemukan pembahasan mengenai rumus IF di dalamnya. Mulai dari pengelompokan data, mencari nilai duplikat dalam cell, menggabungkan Fungsi IF dan Vlookup. Dan artikel ini saya tulis berdasarkan atas kejadian / pengalaman yang saya alami.

Hari ini saya coba untuk membagikan bagaimana Cara Menggabungkan Fungsi IF dengan AND pada Microsoft Excel. Tujuan dari penulisan artikel ini sebagai bantuan khususnya untuk rekan kerja saya yang baru-baru ini menanyakan untuk menentukan skala upah tenaga kerja berdasarkan peraturan ketenagakerjaan yang setiap tahun adanya penyesuaian terhadap nilai Upah Minimum Kabupaten/Kota sesuai masing-masing wilayah.

Mengingat adanya perbedaan dari UMK masing-masing daerah, dan untuk menghindari dari salah persepsi para pembaca maka untuk penerapan dalam menggabungkan Fungsi IF dengan AND yang saya akan asumsikan dengan nilai A, B, C, D, dan E dari suatu pelajaran / mata kuliah.

Untuk dapat mempermudah penerapannya saya beri warna sesuai dengan rumus dan hasil yang diinginkan.
- Nilai A antara 90 sampai dengan 100
- Nilai B antara 80 sampai dengan 89
- Nilai C antara 70 sampai dengan 79
- Nilai D antara 69 sampai dengan 69
- Nilai E di bawah angka 60

Untuk menggabungkan masing-masing rumus tersebut anda dapat menerapkan dengan cara mengurutkan angka 1 sampai dengan angka 6. Dimana angka 6 adalah sebagai asumsi jika terjadi penginputan angka di atas 100 yaitu =IF(C8<60;"E";IF(AND(C8>=60;C8<70);"D";IF(AND(C8>=70;C8<80);"C";IF(AND(C8>=80;C8<90);"B";IF(AND(C8>=90;C8<=100);"A";"-"))))) atau


Demikian langkah yang dapat anda lakukan untuk Menggabungkan Fungsi IF dengan AND pada Microsoft Excel.

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.