Wednesday, January 9, 2019


Sudah merupakan dambaan bagi pengguna laptop dapat menggunakan laptop dalam waktu yang lama tanpa menghubungkan adaptor para baterai laptop. Namun pada kenyataannya, kadang tidak sesuai dengan spesifikasi yang tercantum terkait waktu penggunaannya. Hal ini disebabkan adanya beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis :
1. Adanya beberapa aplikasi / software yang berjalan secara real time. Sehingga biarpun aplikasi / software tidak dijalankan.
Seperti :
Teamviewer yang tetap dalam keadaan standby. Dimana tujuannya adalah, andaikata ada yang akan meremote komputer, maka tidak perlu memanggil program teamviewer.

Antivirus berbayar dimana antivirus ini memiliki fitur melakukan scan para semua aplikasi yang sedang berjalan, atau pada program yang baru anda jalankan.

2. Tingkat kecerahan Layar.
Semakin terang anda mengubah kecerahan layar, maka laptop akan memerlukan power tambahan untuk mengatur tampilan layar.

3. Melepas dan menyambungkan adaptor khawatir overcharge.
Sebenarnya baterai laptop saat ini sudah didukung dengan "Teknologi Trickle Charge", dimana teknologi tersebut memungkinkan laptop akan mengisi baterai hingga penuh dan selanjutnya akan mengambil daya langsung dari AC Power. Sehingga hal ini untuk menghindari terjadinya overcharge.

4. Terdapat kesalahan dalam mengatur konsumsi baterai (power management).
Salah satunya, seperti anda mengatur waktu standby display, harddisk dan tingkat kecerahan.
Dengan mengatur waktu yang lebih lama,maka laptop akan memberikan notifikasi yang lebih cepat dari waktu yang seharusnya.

Untuk Menjaga Baterai Laptop :
1. Gunakan power management sesuai bawaan pabrik (default).
2. Minimalkan penggunaan banyak program secara bersamaan jika memang tidak terlalu diperlukan. Hal ini akan menyebabkan kipas laptop akan bekerja lebih, yang sudah pasti akan memerlukan power tambahan. Terutama jika anda menjalankan program multimedia atau graphic design. Semoga dengan referensi ini dapat membantu anda untuk mengetahui penyebab berkurangnya umur baterai laptop.




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.