Sunday, January 20, 2019



Search Engine dengan Camera - Google Lens

Selama ini sudah banyak pengguna android maupun komputer yang menggunakan mesin penelusuran untuk mencari suatu informasi. Hasil yang didapat berupa images, video, maps, news.
Dan bila anda pengguna android, maka saat inj anda dapat dengan mudah melakukan pencarian, terlebih lagi dengan adanya Google Assistant sebagai bantuan dalam mencari informasi dengan mode suara.
Dimana kita cukup mengucapkan kata kunci maka google asistant akan memberikan jawaban baik berupa navigasi yang mengarah pada semua layanan yang terhubung dengan smartphone anda atau mencari lokasi tertentu.

Dengan demikian anda tidak perlu repot untuk mengetik kata kunci pada smartphone anda. Lalu metode apa lagi yang dapat anda lakukan untuk mempermudah anda dalam mencari informasi dengan android anda ? Jika dilihat dari apa yang sudah saya tuliskan di atas, ada salah satu alat dari smartphone yang dapat kita gunakan yaitu kamera. Selama ini kamera android yang ada banyak digunakan untuk mengambil gambar / video sebagai dokumentasi atau untuk di upload pada media sosial.

Sebenarnya kamera android dapat kita manfaatkan untuk mencari referensi tertentu, dengan bantuan dari salah satu produk google yaitu google lens.
Google Lens adalah salah satu fitur untuk mencari sesuatu dengan bantuan kamera. Misalnya anda memiliki suatu objek dimana objek tidak memiliki referensi, maka anda dapat mendapatkan referensi objek seperti nama objek, merk, atau spesifikasi tertentu.

Cara Menggunakan Google Lens :

1. Install Google Lens dari google play
2. Jalankan Google Lens dan beri ijin kamera untuk mengakses aplikasi tersebut.
3. Arahkan layar pada objek yang akan kita cari referensinya.
Pada langkah ini sebaiknya anda mendapatkan beberapa referensi yang ditandai dengan dot / bulatan dengan jenis warna yang berbeda.


4. Setelah mendapatkan referensi dot / bulatan, tap pada dot tersebut, maka Google Lens akan merekomendasikan halaman pencarian google atau langsung menampilkan photo lain yang mirip dengan objek tersebut.

Dengan google lens, maka anda dapat mengetahui istilah produk yang sebelumnya kita belum pernah tahu sebelumnya. Jadi menurut saya, aplikasi ini perlu ada di smartphone anda.

Semoga bermanfaat, dan dapatkan artikel lainnya dari label yang ada.


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.