Dalam suatu jaringan Networking kita sering mengenal tiga istilah :

1. LAN
Local Area Networking
jaringan yang masih bersifat sederhana, dimana cakupan area masih tidak terlalu luas. LAN ini bisa kita lihat seperti pada sebuah perkantoran, sekolah atau wilayah pertokoan. Dimana perangkat keras yang dipergunakan masih menggunakan hub, router, nic atau wifi adapter.

2. MAN
Metropolitan Area Network
adalah suatu jaringan komputer yang lebih dibandingkan dengan LAN dimana jaringan ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lain. Dan ini biasanya diperlukan adanya suatu operator telekomunikasi yang dapat dijadikan sebagai medianya.


3. WAN
Wide Area Network
adalah jaringan komputer yang lebih besar cakupannya, dimana dengan WAN ini maka komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui saluran komunikasi publik. Sehingga cakupannya akan lebih besar dibandingkan dengan MAN.

Setelah anda mengenal istilah tersebut, disini saya akan membahas pada point kesatu. Untuk dapat membangun sebuah LAN, maka diperlukan adanya perangkat yang disebutkan sebelumnya yaitu NIC, sebagai media yang menghubungkan antara kabel dengan hub / router dengan PC / laptop.

Permasalahannya bagaimana jika komputer yang anda miliki tidak memiliki adapter untuk menghubungkan kabel RJ45. Cara mengatasi komputer yang tidak memuliki port RJ45 :
1. Jika komputer anda memiliki wifi adapter, maka anda dapat melakukan konfigurasi akses point pada router anda. Dengan catatan router telah mendukung wifi transmitter.

2. Jika router tidak mendukung wifi transmitter atau komputer tidak memiliki wifi adapter dan juga tidak memiliki port adapter RJ45, maka solusinya adalah anda harus menggunakan Converter RJ45 to USB.

Cara menggunakan Converter Rj45 to USB

1. Hubungkan converter rj45 pada port usb komputer anda.

2. Biarkan system windows mendeteksi driver dari alat tersebut. Jika anda memiliki cd drivernya, jauh lebih baik. Karena anda cukup menjalankan file setupnya.
Bila saat menghubungkan ke port usb tidak terdeteksi, anda dapat menggunakan program usb deview, untuk membersihkan port usb yang sudah tidak digunakan.

3. Hubungkan kabel yang terpasang RJ45 ke converter tersebut.

Jika seting ip dinamis, anda tidak perlu merubah ip address menjadi manual. Tetapi jika menggnakan seting ip address statis, maka anda perlu merubahnya.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.