Saturday, March 30, 2019

Berapa banyak data yang anda input pada sebuah table Microsoft Excel ? tentunya hal ini tergantung jenis pekerjaan anda anda. Bila jenis pekerjaan / jabatan anda bagian pembelian, penjualan atau bertugas yang selalu mengumpulkan data. Maka perlu adanya suatu cara yang dapat memudahkan untuk mencari, mengumpulkan atau mengelompokkan data sesuai dengan kriteria tertentu yang ingin anda temukan.

Langkah yang dapat dilakukan untuk mencari sebuah data :
1. Menggunakan mode pencarian.
Anda cukup mengetik Ctrl+F lalu masukan kata yang ingin anda cari.

2. Menggunakan Filter Data.
Pada langkah ini, anda harus memilih data header tabel secara menyeluruh pada bagian horizontal. Lalu pilih icon filter data, yang akan menghasilkan tombol segitiga terbalik pada bagian header.

Setelah muncul maka anda dapat memilih data apa yang akan anda cari dengan memilih tombol filter maka akan tampil susunan baris berdasarkan huruf atau angka . Dan bila anda menggunakan Microsoft Excel mulai versi 2013 keatas maka akan tersedia kolom yang dapat anda ketik dengan kata yang akan anda cari.

Lalu apakah Filter data anda juga dapat melakukan dengan cara custom. Cara ini bisa anda lakukan jika anda ingin melakukan sortir dua kolom atau lebih pada data tabel yang anda miliki.

Cara Custom Filter Data :

1. Aktifkan filter data terlebih dahulu.
Masuk ke menu Data - Filter

2. Pilih Header tabel yang akan di sortir, seperti yang ditunjukkan pada anak panah berwarna hijau. (1,2 dan 3)
Header Table

3. Pilh bagian sort dengan Cell Color dan pilih order dengan jenis warna yang akan anda urutkan.
Pada bagian order ini juga anda dapat mengatur penempatan warnanya apakah bagian atas (on top) atau bawah (on bottom).
Table Filter Data

Dengan kondisi tersebut maka susunan akan menghasilkan warna sesuai dengan urutan cell color yang telah anda tentukan. Semoga bermanfaat



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.