Friday, April 19, 2019



Microsoft office pada umumnya digunakan untuk pengolah data maupun pengolah kata yang sering dikenal dengan nama dokumen. Dokumen ini dibuat sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada pembaca.

Jika anda akan menyajikan data berupa kumpulan angka untuk dihitung baik jumlah, rata-rata, prosentase, rasio dan lain sebagainya maka akan lebih tepat menggunakan program Microsoft Excel. Sedangkan jika anda membutuhkan sebuah presentasi yang akan disajikan dalam sebuah seminar, meeting atau proses belajar mengajar, maka akan lebih tepat jika anda menggunakan program power point.
Karena dengan program power point ini dapat anda sajikan dalam bentuk slide.

Lalu bagaimana jika anda akan membuat sebuah proposal, makalah atau sebuah surat ? maka tentu sudah pasti akan menjawab microsoft word. Sebenarnya program Microsoft word ini memiliki banyak fiturnya. dimana dapat menggantikan program microsoft excel dalam hal pembuatan tabel atau menggantikan power point jika hanya sebatas membuat suatu presentasi tanpa adanya beberapa efek yang disajikan dalam presentasi tersebut.

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang mengatasi tabel yang tidak tercetak pada microsoft word. Hal tersebut disebabkan karena teks yang berada pada tabel tersebut berada diantara halaman. Sehingga batas tabel yang dibuat terpotong.
Oleh karena itu, pada microsoft word terdapat trik yang dapat anda lakukan yaitu Convert table to text. Pada dasarnya penggaan convert table ini dapat anda lakukan sepanjang table yang anda buat tersebut tidak melebihi margin dari layout. Karena jika anda melakukan convert table dengan kondisi diatas, maka text yang disajikan akan berantakan.

Cara convert table to text di Microsoft Word :

1. Pilih table yang akan anda rubah menjadi text.

2. Saat anda memilih seluruh table, maka otomatis pada bagian menu akan menampilkan table tools. Lalu pilih convert to text.

3. Garis table yang sebelumnya akan digantikan dengan pemisah dalam berupa :
Convert Table to Text
a. paragraph (paragraph mark)
b. Tabs
c. Koma (comma)
d. Lainnya (other). Bagian ini anda dapat memilih tabs. Untuk menyeaikan jaraknya anda dapat mengubah tanda indent yang ada pada ruler (alat ukur).
Setelah melakukan langkah diatas, maka anda telah merubah table anda dengan format text.

Adapun trik lain yang dapat anda lakukan, yang menurut saya cukup simple adalah dengan mengubah garis table menjadi no border.


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.