Friday, April 19, 2019

Bagi yang sering menggunakan browser khususnya Chrome, kadang anda mendapat notifikasi allow dan block. Kedua pilihan tersebut kadang bagi yang belum paham banyak yang memilih untuk mengijinkan add ons atau sering dikatakan sebagai extensi pada browser untuk versi desktop atau komputer.

Sebenarnya fungsi ini, harus kita pahami dulu. Dimana jika kita hanya berkunjung hanya untuk membaca sebuah artikel atau suatu layanan yang sifatnya tidak berkesinambungan maka sebaiknya kita memilih untuk memblokirnya atau mengabaikannya. Tujuannya adalah untuk menghindari penyimpanan pada cookies browser kita. Karena tujuan dari pembuat web / situs memberikan notifikasi tersebut agar historis dari browser setelah menyimpanya, maka bila suatu saat pengunjung kembali akan membukanya dengan cepat.

Namun berbeda dengan web / aplikasi web yang meminta pengunjungnya untuk mengijinkan membuka pop up windows. Biasanya untuk aplikasi Internet Banking, Layanan Pemerintah atau lainnya yang benar-benar dapat dipercaya. Karena jika kita tidak mengaktifkannya, maka kita tidak dapat melanjutkan aplikasi web tersebut. Contohnya untuk layanan perbankan Permatae-business, MCM bank Mandiri, Internet Banking Commonwelth.

Tetapi permasalahannya kadang extensi atau add ons tersebut malah mengganggu pembaca sendiri dan bahkan untuk pengguna android sering mendapatkan notifikasi yang tampil / aktif saat android dalam posisi standby. Dimana jika kita mengijinkannya maka browser penuh dengan pop up yang tampil dengan sendirinya.

Cara Setting notifikasi add ons / extensi suatu web pada chrome di android :
1. Buka aplikasi chrome
2. Pilih tiga titik pada pojok kanan atas android anda.
3. Pilih settings
Pada langkah ini bagian more setting terdapat in-app notification settings, pilihlah bagian tersebut dan selanjutnya
4. Pilih notifications
5. Pada bagian app notifications terdapat menu sites.
Pada menu tersebut terdapat tombol aktif dan tidak. Pada langkah ini anda dapat menonaktifkannya. Namun cara tersebut kurang efektif.
6. Jika anda ingin menghapusnya, maka tekan alamat url tersebut agak lama agar menampilkan halamanan yang terdapat clear & reset.
7. Selanjutnya pilih reset.

Dengan langkah diatas, maka anda telah menghapus extensi, add ons atau notifikasi yang kadang muncul secara tiba-tiba.

Tujuan dari langkah-langkah tersebut dilakukan dengan pertimbangan bila anda telah menyimpan beberapa opsi pada suatu web tertentu. Atau misalnya anda sering login ke email yang mengaktifkan verifikasi dua langkah, dan tidak ingin menghapusnya.

Karena sebenarnya ada langkah yang lebih cepat dan mudah yaitu dengan membersihkan / clear browsing history. Dengan cara inj, maka semua aktivitas yang telah dilakukan pada browser chome akan terhapus. Namun selama saya menggunakan android browser, langkah tersebut cukup efektif yang sering mengalami koneksi yang lambat. Karena secara logikanya, saat browser sedang membuka suatu alamat url tertentu, maka secara koneksi data juga mendeteks adanya extensi yang tersimpan sebelumnya.

Jadi pilihannya terserah anda, mana yang lebih mudah anda lakukan.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.