Ada kalanya saat kita akan mengirimkan surat yang bersifat formal untuk instansi pemerintah atau rekan perusahaan, kadang mengalami masalah saat akan di cetak. Hal ini disebabkan karena lebar dari ukuran printer yang pada umumnya memiliki lebar hanya 23 cm. Sedangkan saat anda akan mencetak pada amplop kabinet yang berukuran 25 x 11 cm, maka ukuran printer tersebut tidak bisa dengan posisi horizontal.

Oleh karena itu kita dapat merubah masuknya amplop kabinet tersebut dengan posisi potrait atau vertikal. Lalu bagaimana caranya agar teks yang kita buat menghasilkan vertikal / potrait.
Kondisi ini, anda dapat menggunakan program Ms Word, Ms Excel, atau CorelDraw yang lebih mudah untuk mengatur teks yang akan anda buat. Tetapi bagi anda yang tidak memiliki progran CorelDraw, maka anda dapat menggunakan kedua program Microsoft Office tersebut.

Dari kedua Program Office tersebut, yang lebih tepat adalah menggunakan Micorosoft Word. Karena pada Microsoft Excel, anda harus melakukan trial and error. Dimana pada Microsoft Excel tidak dapat mengatur ukuran kertas secara custom.
Baiklah mari kita coba dengan menggunakan Microsoft Word.

Langkah Mencetak Teks pada Amplop Kabinet
1. Buat ukuran kertas menjadi 11 x 25 cm
2. Atur masing-masing margin menjadi 0 atau 0,5 cm
3. Pilih OK
Jika anda mendapat notifikasi untuk memperbaiki margin, pilih ignore atau abaikan. Tujuannya agar layout dan margin sesuai dengan yang telah kita buat.

Setelah anda mengatur ukuran kertas dan margin, saatnya anda membuat teks yang akan anda tuliskan pada amplop kabinet.
1. Pada langkah ini, anda harus menggunakan fungsi text box. Karena dengan text box anda dapat merotasi text box sesuai keinginan anda.

2. Selanjutnya tampilkan halaman / ukuran kertas secara keseluruhan dengan memperkecil prosentase tampilan.

3. Drag atau atur posisi text box sesuai posisi teks yang akan anda cetak.

Setalah selesai, masukan amplop kabinet kedalam printer dengan posisi potrait. Pada langkah ini, ada dua model printer. Dimana printer dengan posisi feeder atau dudukan kertas yang dapat dirubah searah (biasanya jenis printer deskjet) atau feeder dengan dua arah seperti feeder mesin fotocopy.

Jika printer anda jenisnya deskjet, maka sebaiknya dalam membuat ukuran kertas tidak dirubah dengan ukuran amplop cabinet. tetapi anda dapat membuat sebuah persegi panjang dengan ukuran amplop cabinet.
Lalu teks yang telah anda tulis, letakan di dalam garis persegi panjang tersebut.

Demikian langkah mudah untuk mencetak alamat pada amplop yang rata-rata memiliki lebar lebih besat dari ruang pada printer.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.