Tuesday, June 25, 2019



Setiap berkas yang berupa dokumen perjanjian kerjasama, perjanjian sewa menyewa maka kedua belah pihak harus menyimpannya dengan baik. Hal ini disebabkan dokumen tersebut bersifat mengikat antara pihak yang satu dengan pihak lainnya. Didalamnya terdapat aturan yang tertuang dalam pasal maupun ayat.

Setelah perjanjian berakhir, maka perlu dibuat perjanjian baru. Karena perjanjiaan baru tentunya berubah dalam hal nilai, fasilitas atau hak dan kewajiban. Permasalahannya adalah bagaimana jika softcopy dari perjanjian tersebut tidak tersimpan ? perlukah kita mengetik ulang ?

Untuk menghindari / menghemat waktu untuk mengetik ulang maka kita dapat memanfaatkan smartphone. Loh kok bisa ? bukankah hasilnya akan berupa gambar ?
Tidak semua hasil camera hanya menghasilkan gambar. Anda dapat memanipulasi hasilnya sesuai dengan aplikasi yang anda install.

Agar hasil photo dokumen dapat menghasilkan teks, supaya bisa diedit atau dikenal dengan istilah OCR (Optical Character Recognition).

Cara merubah photo dokumen menjadi teks :

1. Install Smart Lens melalui Google Play

2. Photo dokumen yang akan dirubah menjadi teks dengan Smart Lens sehingga hasilnya seperti yang saya beri tanda huruf A.
Selanjutnya maka hasil teks yang berhasil terdeteksi akan ditandai dengan markup biru.
Jika anda ingin mengeditnya maa anda dapat memilih angka 1 yang ditandai dengan lembar huruf B. Tetapi jika anda ingin memilih seluruh teks, maka anda dapat memilih angka 2 berupa copy to clipboard.

3. Buka program teks yang akan gunakan untuk membuat surat dengan referensi dokumen tersebut, misalnya Microsoft Word. Lalu paste hasil copy to clipboard tersebut.

4. Lakukan hal yang sama untuk lembar dokumen lainnya.
Dari hasil tersebut, maka anda dapat mengedit / merapihkannya dalam hal nomor, index maupun lainnya.

Dengan cara ini, maka akan memperingan pekerjaan anda.

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.