Microsoft Word merupakan program yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk membuat dokumen yang dibentuk dari kumpulan kalimat hingga terbentuk beberapa paragraft di dalamnya. Microsoft word ini banyak dikenal oleh para pengguna komputer pemula, karena setiap perangkat yang baru dibeli rata-rata akan terinstall Microsoft office yang terdiri dari Microsoft Word, Excel, Power Point, Access, Note dan lain-lain. Pada artike berbagi73 sebelumnya telah banyak dibahas mengenai microsoft office, khususnya Microsoft Word dan Excel. Didalamnya membahas tentang rumus, triks dan cara bekerja dengan menggabungkan dua program microsoft word dan excel untuk membuat mailmerge.

Pada artikel excel sebelumnya saya pernah membahas bagaimana menambahkan / menggabungkan lembar kerja excel dari sumber file yang berbeda tanpa merubah format aslinya. Hal ini mungkin sudah banyak para pembaca yang telah paham tentang teknis penggabungannya. Namun jika anda baru mengenalnya, anda dapat mempelajari :

Untuk Microsoft word juga dapat dilakukan hal yang sama dalam hal menambahkan / menggabungkan dua file lain ke dalam dokumen tersebut.


Cara Menggabungkan dua file Microsoft Word menjadi satu :


1. Saya asumsikan memiliki 2 file yang akan saya gabungkan.
Misalnya file1 (teks berwarna hitam) dan file2 (teks berwarna merah)


2. Buka file1 terlebih dahulu, dimana saya beri warna hitam pada teks
3. Arahkan / tempatkan cursor pada paragraft yang akan kita sisipkan dengan file2 (teks berwarna merah)
4. Pilih menu Insert - Object - text from file - insert.


Setelah 4 langkah anda lakukan maka selesai sudah penggabungan kedua file microsoft word.


Cara ini dapat anda gunakan bukan hanya untuk dua file, tetapi anda dapat menggabungkan teks lebih dari satu. Cara ini cukup efektif untukk digunakan bagi para pelajar, yang sedang mendapat tugas dari sekolah secara berkelompok. Dengan demikian masing-masing pelajar dapat menggabungkan masing-masing dokumennya ke dalam satu file sehingga akan menjadi satu kesatuan.

Kelebihan dari cara ini dalam menggabungkan dua file atau beberapa file microsoft word, adalah :
1. Format huruf tidak akan berubah saat file digabungkan. Dengan catatan pada saat membuat masing-masing file, harus disepakati format layout, huruf, paragraf dan margin.
2. Dapat mempersingkat waktu dalam membuat satu dokumen. Sehingga bagi mereka yang memiliki jasa pengetikan, maka akan menghemat waktu.

Namun jika anda memiliki file yang berisi tabel di dalamnya, maka anda memerlukan langkah edit pada bagian tabel setelah digabungkan. Karena jika tabel tersebut ada dibatas halaman akhir maka anda perlu memindahkan tabel tersebut ke halaman baru atau anda dapat menggunakan bantuan split table. Split table ini dapat anda pelajari dari salah satu artikel berbagi73.

Semoga dengan artikel ini akan mempermudah anda bagi yang sedang mencari teknis penulisan dokumen secara cepat.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.