Monday, July 1, 2019

Koneksi internet saat ini sudah merupakan kebutuhan masyarakat. Dimana hanya dengan membeli paket data seharga lima ribu rupiah maka mereka sudah dapat menikmati paket data. Namun dari beberapa harga yang ditawarkan oleh provider dalam hal kuota, kadang terbagi kedalam beberapa waktu baik dalam hal jam maupun jenis layanannya.

Hal ini jika dihitung berdasarkan pengeluaran untuk membeli paket data dan jika diakumulasikan maka akan terasa besar nilainya. Hingga kadang dalam satu keluarga menyiasatinya dengan mengaktifkan salah satu smartphonenya untuk dijadikan hotspot. Tetapi cara ini tidaklah efektif dan bahkan akan mengurangi kinerja dari baterai smartphone tersebut.

Seperti yang pernah dibahas pada artikel berbagi73 sebelumnya tentang menghubungkan modem dengan router TPlink MR3020 yang berfungsi sebagai hotspot, adalah salah satu solusi bagi keluarga yang membutuhkan koneksi internet. Karena dengan cara ini, maka tidak akan menurunkan kinerja dari pengguna smartphone. Jika anda pernah mencoba cara tersebut, maka mungkin saja perangkat tidak dapat terhubung ke TPLink MR3020.


Beberapa penyebab smartpone tidak terhubung ke TPLink MR3020 :

1. Modem yang terhubung ke Router panas. Dengan kondisi panas maka akan menurunkan kinerja modem.

2. Adanya salah satu perangkat (komputer) yang terinfeksi virus.

3. Adanya kesalahan seting pada router di bagian type koneksi ke modem. Hal ini biasanya jika router menggunakan seting secara otomatis untuk modem yang terkoneksi berdasarkan provider yang terdeteksi.

4. Adanya pengaturan dari router TPlink MR3020 baik dalam hal mac address maupun ip address.
Dari keempat masalah tersebut maka perlu diketahui bagaimana solusinya ?

Mengatasi smartphone gagal terhubung ke TPLink MR3020 :

1. Untuk masalah modem yang panas maka solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak menyalakan router MR3020 di malam hari / setelah selesai digunakan. Hal selain dapat menjaga kinerja alat, maka dapat menghemat kuota dari paket data.
Karena smartphone, pada umumnya akan melakukan update secara otomatis saat berada di jaringan wifi.

2. Untuk perangkat yang terdeteksi virus, maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu virus hingga benar-benar bersih. Atau jangan lakukan koneksi pada satu jaringan. Akibat masalah ini, kadang walaupun perangkat yang terinfeksi virus sudah tidak dalam satu jaringan, tetap saja perangkat lain tidak dapat terhubung ke internet.
Untuk mengatasinya :
a. Lakukan booting MR3020
b. Lepas adaptor Router MR3020 untuk beberapa menit.
c. Lepaskan wifi router yang terdeteksi pada smartphone dan kemudian hubungkan kembali. Sehingga hal ini akan terdeteksi sebagai hotspot yang baru.

3. Seting secara otomatis memang memudahkan dalam menghubungkan antara modem yang terpasang simcard provider ke router MR3020. Namun cara ini kadang membuat koneksi menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan seting secara manual dengan menyesuaikan seting dari provider sendiri. Seperti seting dial up, APN, user dan password yang biasanya terdapat pada panduan kartu perdana yang dibeli. Atau dapat mencari referensi di search engine.

4. Untuk pengaturan mac address atau ip addres, sebenarnya hanya untuk orang tertentu saia yang dapat melakukannya. Karena secara teknisnya, jika pengaturan mac address maka admin / orang yang melakukan seting router tersebut harus mengetahui mengetahui referensi mac address dari perangkat yang terhubung. Karena jika dilihat dari daftar perangkat yang terhubung ke router tidak akan mendeteksi nama, jenis atau pemilik dari smartphone / perangkat.

Setelah kita mengetahui bagian kecil dari empat penyebab dan solusi tentang MR3020, maka saya akan berikan tips agar router hanya memberikan ijin untuk smartphone / perangkat yang telah didaftarkan.

Cara Seting White list (membuat daftar pengguna) pada TPLink MR3020 :

Whitelist TPLink MR3020

1. Login ke dalam TPLink MR3020
2. Pilih Advanced
3. Pilih Security
4. Pilih Access Control
5. Aktifkan tombol Access Control
6. Pilih Whitelist dan masukan alamat mac address dari masing-masing perangkat yang akan terhubung ke Router TPLink MR3020.

Dengan memasukan perangkat ke dalam Whitelist MR3020 maka hanya perangkat yang terdaftar saja yang akan diijinkan terhubung.
Jadi jika anda tidak memberikan akses password pada TPLink MR3020 maka koneksi anda akan aman dan semoga bermanfaat.



Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.