Mandiri Cash Management adalah layanan transaksi Internet Banking milik Bank Mandiri. Mandiri Cash Management ini dapat dimiliki untuk nasabah yang termasuk dalam kategori perusahaan. Fasilitas Mandiri Cash Management dari Bank Mandiri memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan layanan Mandiri Internet Bisnis.


Fasilitas Mandiri Cash Management | MCM yang dapat dilakukan :

1. Melakukan Transfer ke :
a. Sesama Bank Mandiri (In -house transfer)
b. Bank Domestik (Domestik Transfer)
c. Transfer ke Luar Negeri (International Transfer)
2. Melakukan pembayaran Payroll
3. Melakukan pembayaran kepada sesama Bank Mandiri dalam waktu yang sama dengan menggunakan Batch In-House Transfer
4. Melakukan pembayaran baik Bank Mandiri maupun Non Mandiri dalam waktu yang sama Batch In-House Transfer

Untuk dapat menjalankan transaksi / layanan Mandiri Cash Management, perlu adanya beberapa user dalam system yang digunakan yaitu :
1. Maker berfungsi sebagai pembuat transaksi di awal.
2. Approver berfungsi untuk menyetujui transaksi yang telah dibuat oleh Maker.
3. Releaser sebagai tahap akhir yang mengijinkan untuk melakukan debet rekening.

Dari ketiga user tersebut, dapat dibuat sendiri oleh pihak Nasabah (perusahaan) dengan catatan Nasabah diberikan akses sysadmin baik sysadmin1 maupun sysadmin2. Tujuan dibuatnya beberapa user adalah sebagai langkah antisipasi dalam mengamankan transaksi Mandiri Cash Management.

Cara membuat user pada Mandiri Cash Management | MCM


1. Login ke Mandiri Cash Management dengan menggunakan user SYSADMIN1, dan selanjutnya pilih User Management. Setelah anda masuk ke menu User, maka Pilih Add untuk menambahkan user.
2. Isi User ID
3. Isi User Name
4. Isi email untuk Notifikasi.
Jika pada empat anda isi, maka sebaiknya anda pilih "Notify when new task is routed dan Notify when involve transaction processed".
5. Tujuan dari memilih "Notify when new task is routed" pada langkah ke 5 adalah jika user membuat transfer, maka akanmendapatkan email yang dikirimkan ke email yang telah didaftarkan.

6. Tujuan dari memilih "Notify when involve transaction processed" pada langkah 6 adalah sama halnya dengan langkah ke 5. Tetapi pada notifikasi ini, akan menampilkan lebih lengkap termasuk notifikasi apakah transaksi tersebut berhasil atau tidak.

7. Pilih aturan saat akan membuat user baru ini.
Beberapa pilihan yang dapat dipilih oleh sysadmin1 adalah :
a. Maker
b. Approver
c. Releaser
d. Maker + Approver
e. Maker + Releaser
f. Maker + Approver + Releaser
g. Approver + Releaser
Dari beberapa pilihan tersebut, sysadmin dapat menyesuaikan untuk penggunaannya dengan mempertimbangkan tingkat kerahasian atau kompetensi karyawan yang akan diberikan hak akses layanan Mandiri Cash Management.

8. Langkah terakhir adalah pilih Submit and Add setelah benar mengisi user.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.