Wednesday, September 18, 2019



Dalam membuat sebuah makalah, karya tulis atau Skripsi biasanya terdapat Kerangka sebagai dasar dalam penyusunannya. Untuk sebuah skripsi biasanya terdapat kumpulan data berupa tabel atau gambar, sebagai referensi atau pendukung dalam penyusunan Skripsi. Oleh karena itu mengapa dalam sebuah Skripsi terdapat Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Pustaka dan lampiran.
Hal ini untuk mempermudah pembaca dalam menemukan data yang akan dicari. Lalu bagaimana agar daftar gambar tersebut dapat tersinkronisasi dengan halaman secara otomatis termasuk no gambar beserta keterangannya. Untuk membuat Daftar Gambar pada Microsoft Word perlu dibuat sebuah Caption sebagai langkah awal.


Cara membuat Caption pada Microsoft Word



1. Pilih Gambar yang akan dimasukan ke dalam Daftar Gambar
2. Pilih Menu References lalu Pilih Insert Caption untuk menampilkan menu Caption
3. Pilih New Label jika anda akan mengganti Label defaultnya
4. Pilih Posisi penempatan Label dan Informasi dari gambar. Posisi ini bisa berada di atas gambar atau di bawah gambar
5. Pilih Numbering jika anda inging mengubah penomoran gambar
6. ok

Setelah enam tersebut dilakukan, maka proses pembuatan Caption Gambar telah selesai. Lalu bagaimana caranya agar gambar yang telah kita beri caption agar masuk dalam daftar gambar seperti sebuah daftar isi. Untuk membuat daftar gambar prinsipnya hampir sama seperti membuat Daftar Isi.

Cara membuat Daftar Gambar secara Otomatis:
1. Tempatkan cursor pada halaman baru
2. Masuk ke Menu References lalu Pilih Insert Table of Figures
Pada Menu Table of Figures ini, anda dapat mengatur dalam nomor halaman, Tab leader atau jenis huruf yang akan digunakan.
3. Pilih OK jika anda telah selesai.

Untuk membuktikan bahwa pembuatan Table of Figures bekerja dengan baik, tekan Ctrl dan arahkan pointer mouse anda ke halaman gambar. Jika linknya bekerja artinya anda telah sukses membuat Daftar Gambar secara otomatis

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.