Thursday, September 12, 2019



Rumus SUMIF adalah menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang kita tentukan. Untuk menentukan kriteria dalam menentukan Rumus / Fungsi SUMIF ini bisa berbentuk suatu pernyataan atau dapat digabung dengan rumus excel lainnya. Jadi prinsipnya dalam menggunakan Rumus SUMIF, angka yang akan kita hitung tidak secara keseluruhan tetapi hanya pada angka tertentu saja.

Dasar Rumus SUMIF adalah SUMIF(range;criteria;sumrange)
1. Range : daftar / kolom yang dijadikan dasar untuk menentukan jumlah yang akan kita hitung.
2. Criteria : syarat untuk menentukan yang akan kita tentukan sesuai daftar yang ada.
3. Sumrange : adalah untuk menghitung nilai pada kolom lain yang bukan berada pada Range.

Berikut terdapat tabel yang dapat dijadikan contoh dalam menerapkan Rumus SUMIF:


Dari tabel tersebut diumpamakan kita akan menghitung :
1. Total seluruh Lapang I yang bernilai angka 4.000 dari tanggal 3 Maret sampai dengan 24 April maka rumus yang dapat digunakan adalah : SUMIF(D3:D13;"4000"). Sehingga totalnya adalah 12.000, yang terdiri dari cell D9 + Cell D10 + Cell D13. Karena ketiga cell tersebut bernilai 4.0000.

2. Total pada kolom Lapang II dengan dasar nilai 4.000 maka rumus yang dapat digunakan adalah : SUMIF(D3:D13;"4000";E3:E13). Dari rumus ini akan menghasilkan total nilai sebesar 7.000 yang terdiri dari Cell E9 + Cell E10 + Cell E13.
Itulah dasar dari rumus / fungsi IF yang dapat anda terapkan.

Setelah mengetahui dasar rumus SUMIF, bagaimana untuk menentukan jumlah iuran yang sudah dibayarkan oleh salah satu peserta. Misalnya disini saya akan menghitung iuran yang telah disetor oleh Ahmad. Ahmad telah membayar iuran pada tanggal 2 April dan 24 April 2019 dengan total iuran pada Lapangan I sebesar 17.000 dan Lapangan II sebesar 15.000. Disini saya akan menggabungkan fungsi SUMIF dengan VLOOKUP.

Cara Menggabungkan Fungsi SUMIF dengan VLOOKUP :


Untuk dapat menghitung jumlah setoran dari Ahmad, maka kita dapat menggunakan rumus SUMIF : SUMIF(range;VLOOKUP;sumrange). Untuk range dan sumrange penerapannya sama seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Rumus Vlookup berfungsi mencari suatu referensi dari sebuah table yang tersusun / terindex baik secara numerik atau secara alphabet. Untuk penerapan / penggunaan rumus Vlookup, anda dapat mempelajari artikel berbagi73 tentang VLOOKUP :

a. Cara Menggunakan Vlookup
b. Cara Menggabungkan fungsi IF dengan AND
c. Cara Mengganti Table Array
d. Cara Mengisi Form dengan Fungsi MID dan Vlookup

Pada tabel di atas tepatnya pada cell G3 terdapat anggota yang bernama AHMAD. Untuk menentukan jumlah setoran maka kita memerlukan sebuah table array dari daftar nama-nama anggota untuk membuat Rumus Vlookup. Sehingga kita dapat menghitung jumlah setoran pada :

1. Lapangan I saat kita memasukan nama pada Cell G3 maka rumusnya adalah
SUMIF(C3:C13;VLOOKUP(G3;M3:M8;1);D3:D13)


2. Lapangan I dan II secara keseluruhan dengan mengulang rumus diatas dan memberikan simbol plus dengan mengganti pada sumrange kedua dengan range E3:E13. Sehingga rumus lengkapnya seperti yang terlihat pada photo di atas yang berwarna pink.

Dengan demikian setiap anda mengganti nama pada cell G3 dari salah satu anggota, maka akan berubah nilainya secara otomatis.

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.