Wrap text pada dasarnya berfungsi untuk menyesuaikan lebar / area layout yang tersedia. Wrap Text ini terdapat pada semua program yang digunakan untuk menyusun kalimat dalam bentuk paragraft. Adakalanya dalam saat kita membuat sebuah paragraft perlu menyisipkan gambar atau photo. Tujuan dari penyisipan gambar ini berfungsi sebagai referensi atau sebagai penjelasan dari gambar yang dimaksud.
Pada artikel kali ini saya akan menerapkan bagaimana agar gambar berada diantara text pada Microsoft Word. Jadi disini, posisi text masih berada pada layout tetapi saat kita memasukan gambar / photo maka text akan mengikuti gambar di sisi bagian luar.

Agar text mengikuti bentuk gambar pada Microsoft Word :

1. Buka dokumen Microsoft Word atau buatlah dokumen terlebih dahulu.
2. Masukan gambar yang akan disisipkan. Bila anda belum mengetahui cara menyisipkan gambar, pilih Insert lalu pada bagian Ilustrations akan menampilkan :
a. Pictures
b. Online Pictures
c. Shapes yang menampilkan bangun 2D.
d. Smart Art yang digunakan untuk membuat diagram
e. Chart digunakan jika anda akan membuat Diagram batang, garis, silinder dan lain sebagainya.
3. Setelah gambar telah dimasukan, biasanya gambar akan menutupi text.

Setelah 3 langkah diatas anda lakukan, maka kini saatnya untuk menyesuaikan posisi gambar pada paragraft:

A. Pilih Gambar, dengan cara klik mouse kiri dan jangan dilepas. Lalu posisikan gambar akan berada di mana.
B. Setelah posisi gambar telah tepat, pilih menu Wrap Text pada : Menu Drawing Tools - Format.
C. Pilih Tight. Dengan memilih fungsi Tight maka gambar akan dikelilingi oleh text / paragraft yang ada.
Secara default, setiap gambar yang disisipkan pada microsoft word akan berbentuk persegi / persegi panjang atau sering dikenal dengan nama Rectangular. Dan bila anda menginginkan agar text mengikuti bentuk gambar atau memiliki jarak yang tidak terlalu jauh, maka
D. Pilih Edit Wrap Point. Saat anda mengaktifkan / memilih menu ini maka pada gambar akan menampilkan Edit Points
E. Atur posisi Edit Point yang tampak kotak hitam kecil yang diberi lingkar merah.

Dan bila telah selesai melakukan edit gambar, agar text mengikuti / menyesuaikan bentuk gambar, aktifkan Move with Text pada bagian Wrap Text. Tujuan mengaktifkan ini adalah agar, gambar tersebut akan berubah posisinya mengikuti setiap text yang akan ditambahkan sebelumnya, jika sekali waktu ada perubahan isi dari dokumen sebelum paragraft yang berisi gambar tersebut.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.