Sunday, October 27, 2019


Beberapa waktu Lalu, ada teman yang menanyakan mengapa file dokumen yang dikirimkan oleh temannya tidak dapat dibuka. Lalu saya menanyakan dokumen apa yang dikirimkan ? ternyata dokumen tersebut adalah file Ms Word dengan ekstensi docx. Akhirnya saya bertanya versi berapa Microsoft Word yang dijalankan ? ternyata masih menggunakan microsoft word 2007.

Akhirnya saya mengatakan, agar dapat membuka file tersebut minimal harus menggunakan Office 2010 atau meminta untuk mengirimkan kembali dengan file Word dengan format RTF

Format RTF lebih baik di Word

Beberapa alasan menyimpan file dalam RTF (Rich Text Format) :

1. RTF compatible dengan banyak program dan platform.
Walaupun banyak aplikasi yang dapat mengimport atau mengkonversi file doc terbaru, namun aplikasi tersebut kadang dapat merubah format isi dari file docx tersebut.
Sedangkan untuk file dengan format RTF tidak akan terjadi perubahan isi file. Disamping itu file dengan format RTF dapat dibaca oleh program pengolah kata seperti :
a. Microsoft Word sebelum versi 2010 atau versi sebelum 2010.
b. Corel Word Perfect
c. AppleWork
d. Aplikasi berbasis Unix dan Macintosh
e. Aplikasi klien email

2. RTF tidak mengandung Virus
Mengapa bisa file RTF tidak mengandung virus ? karena virus biasanya akan dimasukan melalui macro untuk jenis file dokumen. Sedangkan file RTF tidak menggunakan macro. Oleh karena itu jika saat anda akan menyimpan file dalam format RTF dan di dalam option Microsoft Word statusnya enable, maka anda akan mendapat notifikasi mengenai macro. Namun tidak perlu khawatir jika memang dalam dokumen anda hanya berisi format text, apalagi jika system telah terinstall antivirus.

Baca Juga


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.