Thursday, October 10, 2019



CSV adalah singkatan dari Comma Separated Value, dimana file CSV ini sering digunakan untuk mengupload data yang berisi kumpulan informasi pada sebuah program atau database. Dimana pada file CSV ini setiap kata disisipi oleh symbol berupa delimited sebagai pemisah dari isi file csv.

Untuk membuat file CSV bisa menggunakan beberapa cara:
1. Menggunakan MsExcel dan menyimpan ke format CSV
2. Menggunakan MsWord dan menyimpan ke format CSV
3. Menggunakan Notepad.

Hasil file CSV yang dibuat oleh MsExcel atau MsWord, perlu dilihat kembali dengan menggunakan Notepad untuk melihat tidak adanya baris yang berlebih. Karena pada prinsipnya file csv tidak boleh ada symbol atau delimited yang berlebih pada baris. Pada artikel ini, saya akan memberikan informasi Bagaimana menyimpan status transaksi pada Mandiri Cash Management setelah transaksi berhasil. Tujuan menyimpan semua transaksi status pada MCM Mandiri untuk memudahkan dalam menyimpan semua historis transaksi.

Cara Menyimpan Status Transaksi pada MCM Mandiri

1. Login ke MCM Mandiri
2. Pilih Information Management
3. Pilih Transaction Status
4. Pilih Date Range dan masukan range tanggal pembayaran yang telah dilakukan
5. Pilih pada bagian pojok kanan bawah dengan jenis TXT lalu pilih DownloadAll untuk dapat menyimpan historis transaksi.

File TXT historis transaksi tersebut pada prinsipnya sama seperti file CSV karena didalamnya terdapat symbol / delimited. Untuk dapat mudah dalam membaca file TXT tersebut, perlu dilakukan convert.

Cara Convert CVS / TXT agar menjadi Tabel dengan Text to Coloumns :

1. Buka file CSV / TXT
2. Pilih Text to Coloumn
3. Pada Original data type pilih Delimited

4. Pada bagian Delimiter, Pilih Tab dan Semicolon

5. Sesuaikan baris data yang ada dengan menyesuaikan apakah dalam format Text atau Date.

Fungsi Coloumn data ini jika anda memiliki data berupa angka, baiknya pilih menjadi text. Tujuannya agar angka yang ada tidak berubah menjadi value atau nilai tertentu. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang terjadi, apabila angka tersebut berupa nomor rekening atau nomor identitas.

Setelah selesai anda menetapkan kolom mana yang dapat disesuaikan dengan Fungsi Coloumn Data, selanjutnya pilih Finish. Dengan langkah ini anda telah selesai dalam menyimpan histori dari jumlah transaksi,

lainnya


Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.