Layanan Internet banking dari suatu bank dapat mempermudah nasabah untuk mengetahui mutasi rekening. Mutasi rekening adalah historis transaksi yang tercatat pada rekening nasabah akibat adanya suatu transaksi baik pembayaran maupun penerimaan.

Cara mengetahui Mutasi Rekening :


1. Cetak buku tabunganberkala
Cara ini dilakukan atas permintaan nasabah dengan membawa buku tabungan dan meminta pada pihak bank untuk mencetak transaksi.
2. Mendapatkan rekening koran yang dikirimkan oleh bank.
Cara ini biasanya berlaku untuk nasabah dalam kelompok perusahaan. Dimana rekening yang dimiliki dalam bentuk rekening giro.

3. Melihat historis transaksi :
a. Melalui historis transaksi ATM
Cara ini mutasi rekening yang ditampilkan terbatas pada 8 transaksi terakhir.

b. Mobile Banking dan Internet Banking
Untuk mendapatkan kedua layanan tersebut anda harus melakukan registrasi untuk mendapatkan akses.
Pada layanan internet banking untuk mutasi bank dari beberapa bank berbeda-beda dalam menampilkan historis transaksinya. Ada yang menampilkan 4 kolom dan ada yang menampilkan 5 kolom.

Untuk mutasi dengan tampilan 5 kolom, dapat dengan mudah dibaca. Karena pada transaksi pembayaran akan di catat di sisi Debet (kiri) sedangkan transaksi penerimaan akan di catat di sisi Credit (kanan).

Sedangkan untuk transaksi yang 4 kolom pencatatannya hampir sama seperti pada buku tabungan dimana ditandai dengan Inisial DB untuk Debet dan Inisial CR untuk credit. Salah satu bank yang memiliki mutasi rekening 4 kolom pada layanan Internet Banking adalah Bank BCA.

Cek Mutasi Rekening BCA dengan layanan KlikBCA :

a. Login ke KlikBCA
b. Pilih Informasi Rekening
c. Pilih Mutasi Rekening
d. Tentukan periode Mutasi rekening yang ingin anda ketahui.
Periode mutasi terbagi ke dalam 2 pilihan : mutasi berdasarkan tanggal dan mutasi bulanan. Perhatikan kolom mutasi berdasarkan Inisial yang ada apakah DB atau CR, sehingga untuk menghitung saldo dalam mutasi rekening BCA melalui KlikBCA maka rumusnya adalah Saldo ditambah DB dikurang CR.
atau
Anda dapat memilih menu e-Statement untuk mendownload periode e-statement.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.