Kali ini, berbagi73 akan membagikan tips yang mungkin berguna bagi pengguna yang baru mengenal dunia komputer. Dimana pada umumnya terdapat program yang telah terinstall di komputer. Dan suatu saat, dapat terjadi kita perlu melakukan revisi sebuah dokumen yang tidak sedikit yang perlu diperbaiki. Agar dapat menghemat waktu dalam melakukan revisi, kita dapat menggunakan find and replace

Fungsi Find and Replace adalah untuk menemukan suatu kata, rumus, angka yang dapat diganti sesuai dengan yang akan direvisi. Dengan melakukan find and replace, kita tidak perlu melakukan revisi satu persatu.

Cara Cepat mengganti Rumus Excel

1. Aktifkan perintah find and Replace pada file yang akan diganti.
2. Masukan rumus, cell atau referensi sebelumnya pada kotak find.
3. Masukan referensi yang baru pada kolom replace.

Sebagai ilustrasi berikut penerapan penggunaan Find and Replace pada Excel :


Misalnya pada cell AB15 terdapat referensi rumus ='C:\TAHUN 2019\BULANAN\[Sept 19.xlsx]GAJI'!AS9. Dari referensi tersebut diasumsikan :
a. TAHUN2019\BULANAN adalah Folder yang menampung isi file excel bernama Sept 19, seperti yang saya highliht merah
b. GAJI adalah nama sheet dari file Sept 19.
c. AS9 adalah referensi cell sumber data.
d. Pada sheet yang di lingkari merah terdapat tabulasi sheet dari Jan sampai dengan Des.

Karena file tersebut mengambil sumber data dari file yang lain seperti dijelaskan pada point a sampai dengan d, maka bila kita berpindah pada sheet bulan yang lain maka otomatis sumber data externalnya juga berubah.
Untuk dapat merubah / menggantinya tanpa melakukan perubahan satu persatu, maka kita cukup memasukan kata yang bisa berupa nama file, nama sheet, dan cell.

Jadi bila anda ingin merubah referensi rumus yang sudah ada, anda cukup mengganti Nama File, Nama Sheet dan Cell. Misalnya Cell A8 akan diganti menjadi $A$8 maka anda cukup menempatkan A pada kolom Find dan $A$ pada kolom Replace. Kemudian klik header kolom pada tabel tersebut. Setelah anda memilih Replace All, maka semua cell A akan berubah menjadi $A$.

Baca Juga




Silahkan berkomentar dengan sopan, terkait artikel yang sedang anda baca. Akan sangat saya hargai jika tidak meninggalkan link. Terima kasih atas kunjungannya.