Wednesday, December 25, 2019

Merubah Lebar Kolom dan Tinggi Baris Microsoft Excel


Dalam membuat tabel Microsoft Excel, adakalanya kita membuat tabel yang berisi banyak kolom untuk membuat sebuah daftar ceklist sebagai cross check data. Tabel ini biasanya digunakan saat membuat daftar data absen, maintenance atau sebuah jadwal shift. Untuk menampilkan kolom agar terlihat rapih maka perlu merubah lebar kolom ataupun tinggi baris dari tabel yang dibuat. Pada umumnya yang baru menggunakan program Excel agak kesulitan saat mengubah ukuran lebar kolom excel. Apalagi saat mereka memasukan teks ke dalam cell melebihi grid / cell yang tersedia. Dan tidak jarang mereka akan memasukan teks pada baris berikutnya agar tidak melebihi grid / cell yang ada. Namun cara ini memiliki kekurangan yaitu saat akan filter, dimana data yang akan ditampilkan pada data filter tidak akan sempurna.

Cara cepat merubah lebar kolom pada Excel


Rubah lebar kolom excel

1. Pilih kolom header yang ditunjukan dengan anak panah berwarna biru.
Perhatikan batass garis yang berwarna merah, dimana saya memilih kolom E sampai dengan kolom L. Dan ini ditandai dengan grid yang berwarna abu-abu.
2. Klik kanan mouse anda diantara salah satu kolom E sampai dengan kolom L, sampai menampilkan menu Coloum Width yang saya beri tanda anak panah merah.
3. Setelah anda memilih coloumn Width maka ubah angka coloumn width sesuai dengan lebar kolom yang akan anda inginkan.
4. Ok.

Dengan empat langkah tersebut maka anda telah berhasil berubah lebar kolom yang anda pilih dengan jarak yang sama. Lalu bagaimana halnya dengan merubah baris ? Cara berubah baris pada Excel prinsipnya sama seperti dengan merubah kolom pada excel. Untuk membedakannya adalah kolom diidentifikasikan dengan Huruf, sedangkan untuk baris ditandai dengan Angka

Cara cepat merubah tinggi baris pada Excel


rubah tinggi baris

1. Pilih baris yang akan ubah tingginya pada anak panah berwarna biru
2. Pilih Row Height dengan cara klik kanan mouse pada daftar baris.
3. Rubah nilai pada Row Height
4. Ok

Dengan mengetahui cara merubah lebar kolom dan baris pada Microsoft Excel, maka hasil tabel yang anda buat akan terlihat rapih. Lalu bagaimana jika saat mencetak tabel yang telah dibuat melebihi layout / ukuran kertas yang kita gunakan ? Kita dapat mengggunakan bantuan page setup agar tabel dapat tercetak.

Baca Juga


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner