Cetak Ukuran Folio di A4

Ukuran kertas yang tercantun pada printer secara default adalah letter / A4, atau sering dikenal dengan nama kuarto. Istilah kuarto ini, saya sering dengar saat kita datang ke rental komputer, dimana saat ada seorang konsumen yang datang untuk mencetak dokumen. Namun ukuran kertas kuarto ini sudah jarang digunakan.

Hal ini juga terjadi pada program Microsoft Word. Dimana user kadang melupakan langkah awal saat membuat sebuah dokumen, yang seharusnya menentukan ukuran kertas, margin dan spasi yang akan digunakan. Mereka umumnya langsung membuat dokumen dan baru diketahui jika hasil cetak dari dokumen yang dibuat, memiliki ruang kosong bagian bawah atau paragraft akhir tercetak di halaman selanjutnya.
Dengan kondisi ini, barulah merubah ukuran kertas, margin dan spasi.

Mengedit dokumen yang telah selesai dibuat, akan menambah waktu. Apalagi jika dokumen tersebut berisi :
1. Nomor bertingkat, yang kadang untuk mereka yang belum paham multi level numbering.

2. Tabel dengan menggunakan page section, yang artinya halaman yang berisi table tersebut dapat dirubah layout. Apakah akan mengikuti layout sebelumnya baik potrait / landscape.

3. Dokumen dengan bentuk table, dimana table tersebut telah dibuat sesuai dengan isinya dalam hal penomoran atau topik yang akan disajikan.

Jika ketiga kondisi itu terjadi, dan dokumen yang anda kerjakan tidak mengharuskan standard margin, maka anda dapat mencetaknya di ukuran kertas yang diinginkan tanpa harus mengedit atau merubah dokumen yang ada. Misalnya anda telah membuat table dengan ukuran Folio / F4, dan seharusnya dokumen tersebut di cetak di ukuran A4. Untuk kasus ini, jelas akan memakan waktu yang cukup lama jika dokumen berisi table dalam layout landscape. Karena harus mengecilkan kolom table agar dapat masuk ke kertas A4

Cara Cetak Ukuran Folio di A4

1. Buka file dokumen tersebut.
2. Save as dengan format PDF
3. Buka program Acrobat Reader.
4. Rubah ukuran kertas pada printer yang terdeteksi menjadi A4.
Sebelum mencetak jangan pilih ukuran kertas sesuai sumbernya pada acrobat reader seperti yang saya beri tanda lingkaran merah.

Cetak ukuran Folio di Kertas A4

5. Gunakan option fit pada acrobat reader seperti pada anak panah hijau.

Dengan langkah tersebut, anda telah berhasil mencetak dokumen pada kertas A4 tanpa harus melakukan edit dokumen.

Baca Juga


NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST
NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST