Membuat kolom di Microsoft Word

Microsoft word sebagai program pengolah kata banyak digunakan oleh user dalam membuat surat, dokumen, peraturan atau sebagai buletin. Untuk dokumen yang terdiri dari beberapa paragraph tentunya banyak yang menggunakannya. Sedangkan dalam membuat buletin yang dibuat dalam satu lembar kertas A4 yang dicetak dua bagian (depan dan belakang) tentu kurang menarik untuk disajikan. Karena pada umumnya buletin memiliki layout landscape dengan lembar kertas yang terbagi 2 berukuran B5.

Agar buletin dapat menarik, kita dapat menggunakan fungsi kolom. Fungsi kolom ini bisa kita gunakan pada dokumen yang telah jadi. Sehingga proses pembuatan kolom text tidak perlu dilakukan dari awal. Bahkan jika memungkinkan kita dapat membaginya menjadi beberapa kolom.
Fungsi text kolom pada microsoft word

1. Membuat Buletin

Cara membuat Buletin dengan Layout Columns

Blok paragraph yang akan dibagi menjadi kolom

layout columns msword


1. Pilih Layout
2. Pilih Columns dan tentukan berapa kolom yang akan anda buat

format column text

Setelah selesai maka kumpulan paragraph tersebut akan berbentuk seperti sebuah buletin, dengan mencetak bolak balik. Dari hasil cetak tersebut, anda dapat membaginya menjadi dua lipatan atau menjadi 4 lipatan. Contoh tersebut diatas hanya contoh sederhana, sedangkan cara membuat Column text dapat anda kembangkan dengan menambah border pada bagian atas atau bagian bawah dari dokumen tersebut.


2. Membuat Soal dengan dua kolom

Jika kita memiliki kumpulan soal, soal dan ingin menghemat halaman yang digunakan, kita dapat menggunakan fungsi columns word untuk membuat soal agar meminimalisir halaman. Karena pada soal dengan bentuk pilihan ganda pada umumnya hanya terdiri dari 4 pilihan yang memiliki beberapa kata saja. Adapun contoh soal yang menggunakan layout columns Microsoft Word :

Buat soal dengan dua kolom

3. Membuat Custom Columns.

Yang dimaksud custom dokumen disini adalah jika kita memiliki dokumen yang terdiri dari beberapa point penomoran, penandatangan, dan kita dapat memanfaatkan columns Microsoft Word. Misalnya kita memiliki dokumen kerja dan ada paragraft tertentu yang akan menggunakan columns Microsoft word, anda cukup memilih paragraph tersebut, dan pilih format columns yang akan digunakan.


 
Dari contoh custom column diatas, kita dapat membedakan hasilnya dari text yang dalam batas kotak merah. Jadi dengan memahami Cara Membuat Column di Microsoft Word, maka anda akan lebih dapat mengembangkan kemampuan kreatifitas anda.

Baca Juga