Beberapa Cara Copy Sheet Excel

Salah satu fasilitas excel yang dapat kita lakukan adalah melakukan copy sheet atau memindahkan sheet excel ke sheet lain sehingga dengan cara ini, tidak akan terjadi perubahan format.

Alasan user melakukan copy sheet ke sheet lain diantaranya adalah :
1. Ingin menambahkan kolom diantara kolom lain sebagai pembanding dari master sheet sebelumnya.

2. Ingin merubah rumus di sebelumnya sebagai suatu experiment untuk menghasilkan data yang diinginkan sebagai pendekatan dari asumsi user.

Beberapa Cara Copy Sheet pada Microsoft Excel

Cara Pertama
Dengan menggunakan Drag and Drop, dimana pada cara drag and drop ini terbagi kedalam dua teknis dalam menggunakannya. Teknis yang digunakan adalah Cara Move Sheet Excel ke Sheet lain pada file yang sama dan Cara Move or Copy Sheet Excel ke file lain dengan Drag and Drop. Jadi dua teknis tersebut adalah antara file yang sama atau dengan dua file yang berbeda.

Cara Move Sheet Excel ke Sheet lain pada file yang sama dengan Drag and Drop

Cope Sheet Excel dengan Drag and Drop

1. Arahkan pointer mouse ke sheet yang akan pindahkan.

2. Tahan tombol kiri mouse anda di sheet yang akan anda pindahkan lalu geser sheet yang anda pindahkan ke posisi sheet yang anda inginkan.

3. Setelah sheet berpindah ke posisi sheet yang diinginkan lepas tombol kiri mouse anda.

Untuk melakukan cara move or copy sheet dengan drag and drop ke file lain, anda harus membuka dua file secara bersamaan yaitu File sumber dan file tujuan. Jadi jika ingin copy sheet1 yang berada di file A yang akan di pindahkan ke file B, maka file A dan file B harus terbuka secara bersamaan. Bagaimana agar dua file excel dapat terbuka secara bersamaan ? Gunakan bantuan Arrange All dari menu View Excel, dimana anda dapat memilih jenis tampilannya apakah tiled, horizontal, vertical atau Cascade. Setelah anda mengaktifkan dua file excel terbuka dan tampil di layar monitor anda maka anda dapat melakukan proses copy or move sheet excel.

Cara Move or Copy Sheet Excel ke file lain dengan Drag and Drop

1. Arahkan pointer mouse ke sheet excel sumber yang akan di copy atau dipindahkan.

2. Tahan tombol kiri mouse dan tekan tombol Ctrl Keyboard anda tetapi jangan anda lepaskan tombol Ctrl Keyboardnya.

3. Lakukan Drag ke posisi Sheet Excel pada file tujuan.

4. Setelah Sheet berada pada posisi Sheet Excel di File tujuan, baru anda dapat lepaskan tombol Ctrl Keyboard dan mouse anda.
Keempat langkah tersebut adalah untuk melakukan copy sheet, dan bila anda ingin melakukan Move sheet maka anda tidak perlu menggunakan bantuan tombol Ctrl Keyboard.

Cara Kedua

Move or Copy Sheet

1. Buka Sheet Excel yang akan dicopy, jika file excel yang dimiliki terdiri dari beberapa sheet excel.

2. Arahkan pointer mouse pada sheet yang diinginkan, lalu klik kanan mouse hingga tampil pop up Menu.

3. Pilih Move or Copy

Pada tampilan Move or Copy terdapat pilihan :

a. To book berfungsi apabila anda ingin copy or move ke Workbook atau file baru
Jadi pilihan ini menentukan akan dicopy atau dipindahkan kemana sheet yang anda maksud. Bila hanya akan memindahkan di file yang sama, maka tidak perlu anda rubah pilihan ini atau anda dapat menentukan nama file yang sedang anda buka.

b. Before sheet berfungsi untuk menempatkan sheet yang akan anda pindahkan. Apakah sebelum atau sesudah sheet tertentu ataupun akan melakukan copy sheet ke bagian akhir dari sheet dari sebuah file (move to end)

c. Create a copy berfungsi agar sheet yang akan anda copy tetap berada pada posisi sheet sebelumnya dari file anda. Bila anda mengaktifkan Create a copy pada file yang sama maka akan menampilkan sheet dengan tambahan karakter (2) dan selanjutnya baik 3, 4, dan seterusnya.

Dengan memahami fungsi copy and move sheet, anda akan lebih mudah dalam mengatur lembar kerja yang akan anda gunakan.

Baca Juga


NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST
NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST