Cara Cetak Piagam dengan Word

Sebagai tanda keberhasilan dari siswa yang mengikuti proses kursus akan diberikan sebuah penghargaan. Penghargaan tersebut dapat berupa piagam ataupun sertifikat. Piagam atau sertifikat yang akan  diberikan tentunya memiliki form baku yang dicetak secara masal. Sehingga nantinya akan diisi berdasarkan identitas dari penerima piagam atau sertifikat.

Untuk mengisi piagam maupun sertifkat, dapat dilakukan dengan cara manual maupun dicetak dengan printer. Untuk pengisian secara manual, tentunya harus memiliki kemampuan penulisan yang baik agar terlihat indah dipandang. Tetapi bila ingin mencetak piagam dengan printer, tentunya kita harus mengisi piagam / sertifikat agar terisi dengan tepat pada blangko sesuai posisinya. Oleh karena itu berikut tips yang bisa kita gunakan.

Cara Print Piagam di Microsoft Word


1. Scan terlebih dahulu blanko piagam / sertifikat yang akan diisi.
Jika anda tidak memiliki scanner, anda dapat memanfaatkan aplikasi android Camscanner.

2. Insert hasil scan piagam / serifikat pada program microsoft word.
a. Sebelum memasukan piagam / sertifkat ke program microsoft word, ukur terlebih dahulu panjang dan lebar dari blangko piagam tersebut.
b. Kemudian rubah layout / ukuran kertas pada dokumen microsoft word sesuai panjang dan lebar blangko piagam.
c. Rubah margin atas, bawah, kanan dan kiri menjadi 0 termasuk header dan footer.
Jika anda mendapatkan notifikasi fix atau ignore setelah melakukan perubahan margin, maka pilih ignore dari notifikasi tersebut. Notifikasi tersebut muncul akibat kita merubah margin menjadi 0.

3. Stretch / tarik hasil scan piagam yang ada di dokumen word sesuai ukuran kertas yang telah dirubah. Setelah hasil scan sesuai dengan lebar dokumen, klik pada gambar yang akan menampilkan menu picture tools. Pilih Format picture menjadi Behind Text yang terlihat pada panah merah.

Cara Cetak Piagam di Microsoft Word
Perhatikan baik-baik pada gambar diatas, karena dari gambar tersebut bisa dijadikan dasar untuk menempatkan teks yang akan diisi di blangko.

4. Lihat lingkaran hijau yang saya berikan, pada lingkaran tersebut adalah saya mengaktifkan tab left untuk posisi text yang akan ditulis pada blangko. Hal ini terlihat pada garis putus-putus yang berwarna hijau. Jadi setelah anda merubah picture dengan posisi Behind Text, anda dapat menempatkan tab left. Dan selanjutnya kita dapat mulai mengisi Blanko dengan menempatkan pointer mouse pada anak panah yang berwarna orange dan lainnya.
Jika posisi pointer atau teks yang diisi tidak tepat pada titik-titik dari blangko tersebut, anda dapat memanfaatkan besar huruf. Bagaaimana caranya ?
a. Isi terlebih dahulu teks yang akan anda input.
b. Jika teks yang anda isi posisinya ada di atas titik-titik blangko, pindahkan pointer / cursor satu kali diatas teks yang terisi, lalu besarkan ukuran huruf menjadi satu/dua atau anda dapat menggunakan tombol Ctrl + ] yang berfungsi memperbesar huruf. Sesuaikan hingga teks berada pada tepat di posisinya.
Lakukan langkah yang sama untuk pengisian blangko yang lainnya.

Jika saat pertama kali anda melakukan enter pada pointer awal dan ternyata gambar ikut turun ke bawah sesuai apa yang anda lakukan saat melakukan enter, maka anda dapat mengubah layout picture dengan tidak memilih Move Object with Text

Agar Gambar tidak mengikuti Pointer

Setelah anda mengisi teks dengan lengkap dari Blangko tersebut, lakukan test dengan menggunakan kertas HVS berukuran 70gram jika ada dan cetak pada kertas HVS tersebut. Kemudian rangkapkan antara kertas HVS dan Blangko Piagam tersebut untuk mengetahui posisi teks apakah sudah sesuai atau ada yang harus diperbaiki posisinya. Karena bisa jadi saat dicetak ada posisi yang kurang tepat, baik kurang keatas ataupun kurang kebawah. Jika sudah sesuai coba dengan menggunakan Blanko Piagam yang akan anda cetak.

Sebagai tips sederhana, saat anda melakukan cetak lembar kertas yang memiliki ketebalan lebih dari standar anda dapat menggunakan tips berikut.
1. Masukan Kertas Blangko tersebut.
2. Jika printer mengalami kesulitan menarik kertas Blangko, tekan perlahan kertas Blangko tersebut agar dapat tertarik oleh mesin printer.

Bila data yang akan anda cetak cukup banyak, anda dapat memanfaatka mailmerge berdasarkan sumber data yang sudah tersusun. Misalnya dengan menggunakan data excel sebagai sumber datanya untuk membuat mailmerge microsoft word dengan sumber data dari excel.

Baca Juga


NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST
NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST