Mengganti Angka Nol di Excel

Dalam menggunakan rumus di excel, ada beberapa user yang menginginkan bila hasilnya Nol yang ditampilkan adalah karakter lain. Karakter tersebut seperti tanda strip (" - ") atau disembunyikan angka Nol tersebut.

Tujuan mengganti angka Nol dalam sebuah tabel berguna untuk
1.  Hasil dari tabel tersebut akan terlihat rapih bila memiliki banyak data.
2.  Saat digunakan sebagai data mail merge, maka hasil mail merge akan rapih.

Cara Mengganti Angka Nol di Excel

Dalam mengganti angka nol ini, user dapat menggunakan beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Dimana akan kita gunakan tiga alternatif untuk menyelesaikan masalah Mengganti Angka Nol di Excel.

Alternatif Pertama 

Pada alternatif pertama kita ini, kita dapat Menggunakan Option Excel

Show a zero cells that have zero value

1. Pilih menu File
2. Pilih Menu Option
3. Pada tampian Excel Option pilih Advanced
4. Gulir bagian kanan dan temukan bagian Display Option for this worksheet, untuk Show a zero cells that have zero value
5. Pilih OK.
Dengan option ini, maka semua cell yang berisi angka nol tidak akan berisi karakter pada cell tersebut.

Alternatif Kedua

Pada alternatif kedua ini, kita dapat Menggunakan Format Cell. Dimana dengan format cell ini, kita dapat melakukan perubahan format cell sesuai dengan keinginan kita. Apakah setiap angka nol akan diganti dengan karakter strip ( - ) atau dengan karakter lain. 

Cara Mengubah Angka Nol dengan Format Cell

Mengganti angka nol dengan Format Cell

1. Klik Kanan pada kolom yang akan anda rubah bila terdapat angka nol
2. Lalu Pilih Format Cell
3. Pada bagian Number - Category pilih Custom dan edit format custom yang ada.

Alternatif Ketiga

Untuk alternatif lain yang bisa kita gunakan adalah dengan Menggunakan Fungsi IF, bila angka nol tersebut merupakan perkalian antara cell dan akan menghasilkan jumlah tertentu. Berikut Contoh yang dapat kita gunakan untuk penerapan Fungsi IF untuk mengganti angka Nol. Misalnya pada sebuah tabel terdapat data berupa persediaan yang dihitung berdasarkan perkalian antara kuantiti dan harga. dimana pada dua tabel berikut saya bandingkan antara yang hasil yang menggunakan Fungsi IF dan tidak menggunakan Fungsi IF. 

Mengganti angka nol dengan Fungsi IF

Pada cell U264 menggunakan rumus : =IF(T264*S264=0;"";T264*S264) 
arti dari rumus tersebut adalah bila harga satuan dikali dengan jumlah menghasilkan nol maka angka nol tersebut akan disembunyikan dengan menggunakan fungsi " ". Dan bila harga satuan dikali dengan jumlah menghasilkan lebih dari angka nol, maka akan ditampilkan pada kolom Sub Total.

Dengan cara ini, maka tampilan data dari sebuah tabel akan terlihat rapih. Karena pembaca akan dapat mudah dan lebih fokus pada hasil dari perkalian data tersebut.

Baca Juga


NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST
NEXT ARTICLE NEXT POST
PREVIOUS ARTICLE PREVIOUS POST