Membuat Formulir di Microsoft Word


Pada Microsoft Word, kita dapat membuat tabel. Namun pada teknis pembuatannya berbeda dengan Microsoft Excel. Karena pada Microsoft Excel, telah tersedia cell. Kita tinggal cukup mengisi saja. 

Pada Microsoft Word, harus menentukan jumlah baris dan kolom diawal saat membuat tabel. Lalu apakah jumlah kolom dan baris yang telah ditentukan diawal dapat kita lakukan modifikasi jika ada penambahan dan pengurangan ? Tentu anda bisa melakukannya.

Kita dapat melakukan modifikasi tabel Microsoft Word dengan memanfaatkan fungsi Split, merge pada tabel ada dan memanfaatkan tombol tab pada keyboard

Berikut salah satu contoh formulir yang akan dibuat.

Contoh Buat Formulir Microsoft Word

pada formulir tersebut ada kolom-kolom yang dari setiap pertanyaan yang perlu diisi. Dimana informasi yang perlu diisi adalah berisi angka dan checklist. Sebenarnya untuk dapat membuat Form dapat digunakan aplikasi selain Microsoft Word, seperti Excel atau Corel Draw. Jika formulir tersebut dibuat yang akan diberikan ke jasa percetakan, sebaiknya menggunakan Corel Draw. Tetapi disini, saya membuatnya dengan menggunakan Microsoft Word, dengan alasan jika menggunakan Microsoft Excel, terlalu banyak merubah tinggi baris dan lebar kolom. Selain itu jika terdapat perbedaan jarak antara kolom kanan dan kiri, maka agak sulit untuk melakukan pada Microsoft  Excel karena sifatnya yang harus selalu sejajar.

Cara Membuat Formulir di Microsoft Word

Pada langkah-langkah dibawah ini, saya lebih memfokuskan pada bagian dalam membuat kolom dan membuat tabs leader agar lebih mudah dikerjakan. Mari kita mulai dengan melihat gambar yang mungkin bisa membantu para pembaca.
1. Buat Margin kanan kiri atas dan bawah masing-masing 1 milimeter untuk memaksimalkan lebar dari suatu formulir.

2. Buat tabel dengan dua kolom, dengan cara masuk ke menu Insert Tabel lalu buat dua kolom. Tujuannya adalah agar membagi halaman kanan dan kiri sama lebar (sesuai contoh) antara Nama Depan dan Alamat adalah terdiri dari dua bagian yang berbeda. Selanjutnya Anda dapat mengisi teks sesuai contoh, mulai dari nama depan hingga Nama Alias.

3. Untuk membuat formulir selanjutnya yang menggunakan tabel, maka sesuaikan jumlah teks yang akan terisi dalam satu baris. Contoh : Untuk membuat kolom laki-laki dan perempuan, pilih menu insert table lalu buatlah 7 kolom dan 1 baris. 

Insert Tabel Microsoft Word

4. Pada saat anda membuat Formulir yang tanpa kolom, maka akan digantikan dengan berisi titik-titik sebagai pertanyaan yang perlu diisi. Namun pada Microsoft Word, terdapat masalah jika kita menggunakan tanda titik pada keyboard secara berulang-ulang karena akan menghasilkan titik-titik yang terpisah, kecuali anda merubah pada option auto correct. Untuk memudahkannya, anda dapat menggunakan fungsi tabs leader seperti pada gambar anak panah di bawah ini.

Menentukan tabs Leader

Untuk membuat tabs leader, tentukan bentuk tabs leader seperti anak panah yang berwarna kuning. Setiap kali anda satu klik maka tabs leader akan berubah bentuknya. Buat tabs leader seperti anak panah berwarna merah untuk meratakan titik dua dari formulir. Sedangkan untuk membuat titik-titik yang rata, maka rubah kembali tabs leader yang berwarna kuning seperti bentuk anak panah yang berwarna biru.
Selanjutnya agar saat menekan tombol tab pada keyboard berubah menjadi titik-titik maka masuk ke paragraph, lalu masuk ke pojok kiri bawah dan pilih tabs hingga menampilkan menu tabs. Lakukan hal yang sama pertanyaan yang lain, jika diperlukan

Bila jarak antara pertanyaan yang satu dan yang lain, terlalu dekat anda dapat memanfaatkan spasi atau gunakan cara lain dengan merubah ukuran huruf. Cara merubah ukuran huruf  dengan tombol shortcut yaitu Ctrl + [  berfungsi untuk memperkecil ukuran huruf atau  dengan Ctrl + ] untuk memperbesar huruf.

5. Untuk merubah border dari tabel-tabel yang dibuat, kita bisa menggunakan fungsi border


Saat mengatur tabel / kolom mana yang akan diberi border / garis, kita cukup blok tabel / kolom, lalu pilih All Border atau anda dapat menyesuaikannya apakah hanya garis tepi kanan, kiri, atas atau bawah. Untuk melihat apakah border telah sesuai dengan apa yang dibuat dalam formulir, kita bisa menggunakan menu Print Preview sebagai hasil dari pembuatan formulir tersebut telah sesuai atau tidak.

Dan bila anda memiliki bentuk formulir dengan dua baris dan memiliki lebar kolom yang sama, tempatkan kursor pada akhir tabel lalu tekan tombol tab pada keyboard. Maka secara otomatis tabel akan ditambahkan ke bawah sesuai dengan referensi sebelumnya. 

Baca Juga


THIS IS THE NEWEST POST
THIS IS THE NEWEST POST