Cara Crop Banyak Halaman Sekaligus




Cukup lama berbagi73 tidak melakukan posting, dikarenakan banyak kesibukan. Sesuai dengan artikel yang diangkat, adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Dimana baru-baru ini pada management perusahaan tempat saya bekerja menginginkan agar slip gaji dibagikan secara elektronik yaitu melalui email. 

Pada awalnya, saya melakukan dengan capture dari file yang telah tersimpan di pdf. Namun cara ini memerlukan banyak waktu. Hingga akhirnya saya mencoba dengan melakukan crop untuk lebih dari 50 halaman sekaligus. 

Cara Melakukan Crop di file PDF


 Untuk melakukannya, ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan : 

1. File yang akan di crop harus pdf. Untuk membuat file pdf, anda bisa menggunakan media online untuk konversi anda menjadi file pdf. Untuk saya sendiri, untuk membuat file pdf bisa menggunakan program nitro pdf. 

2. Posisi atau are yang akan di crop harus sama antara halaman yang satu dengan halaman yang lainnya. 
 
3. Setelah anda memiliki file dalam ekstensi pdf, buka file pdf tersebut dengan program nitro pdf. 

Selanjutnyaa lakukan langkah berikut : 
a. Pilih area yang akan anda crop 
b. Lalu crop 
c. Apply all 

Dengan anda memilih apply all, maka semua halaman akan di crop dengan referensi pada halaman pertama yang anda crop, mudah bukan. 
Cara crop ini, saya lakukan untuk dokumen dalam slip gaji, form yang isi dokumennya baku. Dimana tidak akan mempengaruhi paragraf, margin dari isi halaman tersebut. 

Oleh karena itu, untuk menghasilkan dokumen dengan posisi yang sama antara satu dengan yang lainnya, kita bisa menggunakan mailmerge. Dengan mailmerge ini, kita hanya cukup membuat satu halaman saja. Sedangan pengisian datanya bisa dibuat dengan data excel. 

Semoga dengan artikel ini, dapat membantu anda untuk mempermudah pekerjaan anda sehari-hari.

Baca Juga


THIS IS THE NEWEST POST
THIS IS THE NEWEST POST